Hujan Deras, Sejumlah Wilayah di Surabaya Terendam Banjir 

Hujan Deras, Sejumlah Wilayah di Surabaya Terendam Banjir 
Sejumlah kendaraan menerobos genangan air di jalan raya di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (30/12/2021). Akibat hujan deras mengguyur Surabaya menyebabkan sejumlah jalan tergenang dan menghambat arus lalu lintas kendaraan. (Antara Jatim/Zabur Karuru/zk)

jpnn.com, SURABAYA - Sejumlah wilayah di Kota Surabaya, Jawa Timur, terendam banjir, Kamis (30/12). Banjir itu terjadi akibat hujan deras disertai angin kencang yang terjadi sejak Kamis siang hingga sore menjelang malam di Surabaya.  

Wakil Wali Kota Surabaya Armuji memerintahkan petugas penjaga pintu air siaga apabila ketinggian melampaui ambang batas untuk segera dipompa.

"Curah hujan tinggi dan merata, semua sedang bekerja keras untuk mengurangi lama waktu dan luasan genangan," kata Armuji yang memonitor kondisi Kota Surabaya, Kamis (30/12).

Berdasar informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), ungkap Armuji, Surabaya diguyur hujan deras merata pada Kamis dengan kecepatan angin 11 kilometer per jam, kelembapan 84 persen dan curah hujan 77 persen.

Beberapa waktu lalu, lanjut dia, curah hujan tinggi dan kencangnya angin juga menyebabkan kerusakan di salah satu sekolah dasar negeri di Kenjeran, dan sejumlah rumah warga.

"Sore hari ini unggahan video beberapa warga yang menunjukkan genangan di beberapa kampung Kota Surabaya, di antaranya Demak Jaya, Ngagel, Raya Satelit Utara dan lainnya," katanya.

Di rumah dinasnya, Armuji memantau saluran air, apabila ada pohon dan ranting yang jatuh agar segera dievakuasi.

"Saat ini petugas dari Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga, BPB Linmas dan DKRTH telah bersiaga di lapangan. Kalau ada kejadian bisa langsung kontak 112," ujarnya.

Banjir itu terjadi akibat hujan deras disertai angin kencang yang terjadi sejak Kamis siang hingga sore menjelang malam di Surabaya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News