HUT Ke-19 Tagana, Mensos Risma Cerita Pengalaman Berkesan Saat Bantu Korban Bencana

HUT Ke-19 Tagana, Mensos Risma Cerita Pengalaman Berkesan Saat Bantu Korban Bencana
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengaku memiliki pengalaman berkesan bersama Tagana saat membantu para korban bencana. Foto: Humas Kemensos RI

jpnn.com, DHARMASRAYA - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengaku memiliki pengalaman berkesan bersama Taruna Siaga Bencana (Tagana) saat membantu para korban bencana. 

Awalnya dia menjelaskan para sukarelawan Tagana itu bekerja tidak mengenal batas wilayah. 

Dia mencontohkan saat dirinya bersama Tagana membantu korban bencana di wilayah Padang Pariaman, Sumatra Barat.

"Tagana tidak ada batas sekat wilayah mereka bekerja. Kalau dibutuhkan mereka langsung bekerja dan sudah tau apa yang harus mereka kerjakan tanpa kita meminta," kata Risma seusai peringatan HUT Tagana Ke-19 di Dharmasraya, Sumatra Barat, Minggu (28/5).

Risma menyebutkan para Tagana itu bekerja tanpa istirahat. Bahkan melakukan tugas hingga pukul 02.WIB pagi.

"Selain itu yang paling berat ialah menyiapkan makanan. Biasanya mereka tidak tidur malam hari, pukul 02.00 WIB pagi mereka sudah bangun untuk menyiapkan makan di pagi hari, demikian juga siang," lanjutnya. 

Risma bahkan bercerita saat kejadian gempa di Cianjur, dirinya melihat para tagana sedang sibuk memasang tenda darurat di halaman rumah sakit untuk korban bencana.

"Bahkan banyak pasien yang tidur di tempat terbuka beralaskan tanah di rumah sakit kemudian atasnya kosong. Kemudian saya pikir kalau hujan ini mereka lari bagaimana, padahal mereka masih diinfus," kenang Risma.

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengaku memiliki pengalaman berkesan bersama Tagana saat membantu para korban bencana.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News