HUT Kemerdekaan RI, Bu Mega Terkenang Harus Menjalankan Perintah Gus Dur untuk Tinggal di Kapal Perang

HUT Kemerdekaan RI, Bu Mega Terkenang Harus Menjalankan Perintah Gus Dur untuk Tinggal di Kapal Perang
Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. DPP PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri mengungkapkan hal yang takkan dilupakan selama menjadi presiden atau wakil presiden.

Hal ini disampaikan Megawati saat menceritakan pengalamannya dalam momen peringatan kemerdekaan ke-75 RI.

Megawati menceritakan pengalamannya saat menjadi wakil presiden RI dulu. Dia mengisahkan harus tinggal di kapal perang selama dua minggu untuk menindaklanjuti perintah Presiden Keempat RI Gus Dur.

Mulanya, Megawati mengatakan saat itu tengah terjadi konflik di wilayah Maluku dan sekitarnya. Dia diminta oleh Panglima TNI dan bagian keamanan untuk tetap tinggal di kapal perang dan tak diizinkan turun ke daratan karena alasan keamanan.

"Bayangkan hampir dua minggu saya mempergunakan kapal perang itu sebagai tempat tinggal dan saya sebenarnya praktis tidak mengetahui kapal perang itu seperti apa," kata Megawati dalam Wawancara Eksklusif 75 Tahun Indonesia Merdeka melalui akun Sekretariat Presiden di YouTube.

 Megawati menceritakan setiap fasilitas di kapal perang itu sangat berbeda dengan kapal komersial. Dia bahkan harus naik turun lantai menggunakan tangga vertikal tegak lurus. Menurut putri Proklamator RI Bung Karno ini, hal itu sangat sulit baginya sebagai perempuan. 

"Saya sebagai perempuan kalau mau naik turun, ya, saya harus mempergunakan tangga yang tegak lurus itu. Alhamdulillah semua berjalan dengan baik," ujarnya. (tan/jpnn)

Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri mengisahkan pengalamannya saat tinggal di kapal perang atas perintah Presiden RI K. H. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News