HUT RI di Australia: Dari Pantai Sydney Hingga Potong Tumpeng di Canberra

HUT RI di Australia: Dari Pantai Sydney Hingga Potong Tumpeng di Canberra
HUT RI di Australia: Dari Pantai Sydney Hingga Potong Tumpeng di Canberra

Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 telah digelar di sejumlah kantor-kantor perwakilan Indonesia di Australia, termasuk upacara pengibaran bendera.

Di Canberra, upacara pengibaran bendera dilakukan di halaman Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dengan dipimpin oleh Duta Besar Y. Kristiarto S. Legowo.

Menurut KBRI Canberra, saat upacara berlangsung, Sabtu pagi (17/08), cuaca cukup dingin sekitar 5 derajat Celcius, tetapi dihadiri antusias oleh masyarakat dan diaspora Indonesia serta 'friends of Indonesia'.

Perayaan tersebut juga diramaikan dengan penampilan pidato dari Teagan Menhennet, seorang pelajar kelas 11 dari Goulburn Valley High School di Victoria.

HUT RI di Australia: Dari Pantai Sydney Hingga Potong Tumpeng di Canberra Photo: Dubes Kristiarto memberikan potongan tumpeng kepada Soegito Hardjodikoro, sesepuh warga Indonesia di Canberra. (Foto: Kedubes Indonesia di Canberra)

Teagan adalah pemenang lomba pidato dalam Bahasa Indonesia yang digelar oleh Asosiasi Guru Bahasa Indonesia di negara bagian Victoria.

Dalam pidatonya, ia menekankan pentingnya hubungan bilateral Indonesia dan Australia dan meneriakkan 'Sekali merdeka tetap merdeka' di akhir pidatonya.

Usai upacara dilakukan pemotongan tumpeng oleh Dubes Kristiarto, dengan potongan pertama diberikan kepada Soegito Hardjodikoro, sesepuh warga Indonesia di Canberra dan potongan kedua diberikan kepada Joshlyne Edwina, Ketua PPIA Canberra yang mewakili generasi muda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News