Hutan Gilimanuk Terbakar

Hutan Gilimanuk Terbakar
Hutan Gilimanuk Terbakar
GILIMANUK - Setelah hutan Taman Nasional Bali Barat (TNBB) di wilayah Perapat Agung, Jumat (23/10) sore giliran kawasan Cekik, Gilimanuk yang diamuk si jago merah. Akibat kebakaran tersebut, sekitar lima hektar lebih hutan TNBB ludes.

Api yang melalap hutan yang didominasi semak-semak diduga muncul dari pinggir jalan raya jurusan Denpasar - Gilimanuk di depan SPBU Gilimanuk. Titik api yang awalnya kecil dengan cepat membesar lantaran di dasar hutan dipenuhi rumput dan dedaunan kering ditambah kencangnya hembusan angin yang bertiup sore itu.

Melihat api dengan cepat meluas dan membuat binatang terutama burung penghuni kawasan itu berhamburan, beberapa warga lalu melapor ke Balai TNBB yang letaknya hanya sekitar 30 meter dari lokasi kebakaran. Puluhan petugas pemadam kebakaran yang dibentuk TNBB dengan peralatan pompa air gendong (jet shooter) dan mobil tangki langsung malakukan pemadaman.

Kering krontangnya hutan lantaran kemarau panjang ditambah angin yang terus-menerus bertiup kencang cukup membuat petugas pemadam TNBB kewalahan untuk mengisolasi api sehingga api terus menerus meluas.

GILIMANUK - Setelah hutan Taman Nasional Bali Barat (TNBB) di wilayah Perapat Agung, Jumat (23/10) sore giliran kawasan Cekik, Gilimanuk yang diamuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News