Ibarat Open House, Lapas Barelang Diserbu Ribuan Pengunjung

Ibarat Open House, Lapas Barelang Diserbu Ribuan Pengunjung
Ibarat Open House, Lapas Barelang Diserbu Ribuan Pengunjung

jpnn.com - SAGULUNG - Petugas sipir lapas kelas II A Batam di Barelang kewalahan menerima tamu kunjungan dari luar pada hari perayaan Idul Fitri  1436 H, Jumat (17/7). 

Pasalnya sejak pagi pukul 07.00 WIB ribuan warga yang merupakan kerabat dan keluarga warga binaan lapas Barelang berbondong-bondong mendatangi Lapas Barelang untuk merayakan hari raya keagamaan itu bersama warga binaan di sana.

Kedatangan ribuan tamu Lapas itu, karena pihak Lapas memberikan kesempatan kepada pembesuk untuk masuk dan bertemu dengan kerabat atau keluarga mereka yang berada di dalam lapas selama dua hari yakni pada hari hal dan H+1 Idul Fitri. 

"Iya kita open house ibaratnya. Keluarga dari luar bisa masuk kedalam lapas untuk bertemu anggota keluarganya ataupun kerabatnya yang ditahan," kata kasi binadik Lapas Barelang Luthfi Maulana, Jumat (17/7) siang.

Orang luar yang merupakan tamu warga binaan Lapas Barelang, sambung Luthfi bisa masuk ke dalam lapas untuk bersalaman dan merayakan Idul Fitri. "Kalau hari biasakan mereka bertemu dibalik pembatas ruangan besuk, tapi hari ini dan besok (Sabtu, 18/7) kita perbolehkan mereka masuk dan bertemu langsung," ujar Luthfi.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginmkan, di jadwal besuk terbuka itu, pengamanan lapas dipeketat. Selain menerjunkan tiga tim dari 94 sipir lapas, pengamanan Lapas juga diperketat dengan penjagaan dari pihak kepolisian. "Aturan dan ketentuan lapas tetap berlaku. Para pembesuk tetap diperiksa sesuai aturan yang ada," tutur Luthfi.

Pantauan di lapas Barelang, Jumat (17/7) kemarin, antrean panjang di pinti masuk lapas Barelang masih mengular hingga ke halaman depan Lapas. Petugas lapas terpaksa memberikan nomor antrean kepada pembesuk agar proses pemeriksaan saat masuk efektif dan tertib.

Seperti dikutip dari Batam Pos (Grup JPNN), salah satu pembesukm, Syamsudin mengaku sangat menginginkan momen tersebut. Pasalnya sudah tiga kali Lebaran pria 45 tahun itu tidak merayakan lebaran bersama Putranya yang ditahan karena kasus kriminal umum. 

SAGULUNG - Petugas sipir lapas kelas II A Batam di Barelang kewalahan menerima tamu kunjungan dari luar pada hari perayaan Idul Fitri  1436

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News