JPNN.com

Ibas: Pancasila Berperan Sebagai Pilar Kehidupan Bangsa Indonesia

Minggu, 15 Desember 2019 – 11:04 WIB Ibas: Pancasila Berperan Sebagai Pilar Kehidupan Bangsa Indonesia - JPNN.com
Anggoya MPR/DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas saat Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Desa Ngunut, Kecamatan Bandar, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Sabtu (14/2012). Foto: FPD MPR RI

jpnn.com, PACITAN - Anggoya MPR/DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono menegaskan bahwa Pancasila merupakan pilar pertama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Ibas, sapaa nakrabnya Edhie Baskoro saat Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang diikuti ratusan warga Desa Ngunut, Kecamatan Bandar, Kabupaten Pacitan, Sabtu (14/12/2019).

“Pemikiran dasar mengapa Pancasila berperan sebagai pilar kehidupan berbangsa dan bernegara adalah sila yang terdapat dalam Pancasila yang menjadi believe system," tandasnya.

Sementara itu, UUD 1945 menurutnya merupakan pilar kedua dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Oleh karena itu, masyarakat perlu memahami makna yang terdapat pada pembukaan Undang-Undang Dasar tersebut yang telah memenuhi semua unsur untuk kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sedangkan Pilar Negara Kesatuan Negara Indonesia, Ibas memaparkan ada banyak bentuk negara yang ada di dunia ini dan para pendiri bangsa Indonesia memilih bentuk Negara Kesatuan, yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Para pendiri bangsa kita memilih negara kesatuan sebagai bentuk negara Indonesia, melalui berbagai pertimbangan alasan utama para pendiri bangsa Indonesia memilih bentuk negara kesatuan.

Masih menurut dia, semboyan 'Bhineka Tunggal Ika' yang artinya berbeda-beda tetapi satu juga menegaskan bahwa perbedaan jangan membuat kita berpecah belah.

“Tetapi dengan perbedaan kita mari kita satukan keanekaragaman dan Persatuan Bangsa Indonesia,” ungkapnya.

Untuk masyarakat Kecamatan Badar, Ibas menyampaikan kedatangan ke Kecamatan Bandar adalah untuk bersilahturahmi kepada masyarakat Kecamatan  Bandar yang telah membantu pelaksanaan pemilu dapat berjalan dengan lancar.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...