Ibu Kota Pindah dari Jakarta, JIS Bakal Menjadi Kawasan Tematik,

Ibu Kota Pindah dari Jakarta, JIS Bakal Menjadi Kawasan Tematik,
Ahli Tata Kota Nirwono Yoga (berbaju hitam). Foto: dokumentasi Nirwono Yoga

jpnn.com, JAKARTA - Ahli Tata Kota Nirwono Yoga mengatakan terdapat 10 kawasan di DKI Jakarta yang akan diusulkan untuk menjadi kawasan tematik yang akan mendukung transisi Jakarta menjadi kota global.

Hal ini dilakukan setelah pemindahan ibu kota ke IKN Nusantara. Pemindahan ibu kota tersebut, tentu akan mengubah orientasi pembangunan Jakarta menjadi kota global (global city).

Salah satunya, adalah Kawasan Jakarta Internasional Stadium (JIS) yang bakal menjadi kawasan tematik khusus Olahraga-MICE.

"Dengan demikian Kawasan JIS dan sekitar sebagai pusat kegiatan olahraga internasional perlu dilakukan penataan bangunan dan lingkungan," ucap Nirwono dalam keterangannya, Minggu (6/2).

Menurut dia, nantinya Jakarta juga akan menjadi pusat perkembangan kota di Indonesia yang akan bersaing dengan kota-kota besar di dunia dan setara seperti Tokyo, Jepang dan London Raya, Inggris.

“Jakarta terus memperkuat infrastruktur untuk menjadi kota ekonomi dan bisnis setelah IKN pindah,” kata dia.

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Iwan Takwin mengatakan sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 14 Tahun 2019 tentang Kawasan Olahraga Terpadu JIS. Jakpro, lanjutnya, ditugaskan untuk membangun dan mengelola JIS.

"Sejak awal perencanaan, kehadiran JIS untuk menjadi simpul kawasan pertumbuhan kesejahteraan dan ekonomi baru di wilayah utara Jakarta. Karena, sebelum adanya kawasan JIS,” ujar Iwan.

Ahli Tata Kota Nirwono Yoga mengatakan terdapat 10 kawasan di DKI Jakarta yang akan diusulkan untuk menjadi kawasan tematik salah satunya adalah JIS

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News