Sabtu, 18 Agustus 2018 – 05:21 WIB

Ibu 'Zaman Now' Harus Siap Mengasuh Generasi Alfa

Sabtu, 23 Desember 2017 – 22:29 WIB
Ibu 'Zaman Now' Harus Siap Mengasuh Generasi Alfa - JPNN.COM

jpnn.com, SURABAYA - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengingatkan para ibu zaman sekarang harus siap mendidik dan mengasuh anak-anak yang terlahir sebagai Generasi Alfa.

“Sebagai generasi Alfa atau anak yang lahir setelah tahun 2000, mereka melek teknologi yang serba digital dan tentunya akan berpengaruh pada perkembangan anak,” kata Mensos saat menjadi Keynote Speaker Seminar Nasional bertajuk "Peran Ibu untuk Generasi Alfa" yang diselenggarakan Pengurus Gerakan Perempuan MKGR  Jawa Timur di Surabaya.

Menurut Khofifah, generasi Alfa tumbuh indindividualistis, lebih mapan karena mewarisi kemewahan material dari kedua orangtua (Generasi X dan Y), lebih banyak berinteraksi lewat gawai (smartphone) yang apabila dibiarkan berlarut-larut dapat mengarah pada sifat antisosial.

Untuk itu, lanjutnya, sikap yang dapat diambil adalah mendidik dan mendorong generasi Alfa untuk memanfaatkan teknologi dengan benar.

"Di saat yang sama orangtua mengajarkan anak-anak akan nilai-nilai agama, moral dan etika agar kelak mereka bijak dalam menggunakan teknologi," terangnya.

Khofifah pun tak setuju bila orangtua menjauhkan teknologi dan gawai dari anak-anak karena kondisi ini justru akan memperburuk keadaan.

"Ajak mereka bersosialisasi, bangun komuniksi dua arah dengan tatap muka sehingga mereka tidak terpaku pada layar gawai. Sempatkan untuk turun bersama anak dalam kegiatan sosial untuk mengasah kepekaan," kata Khofifah.

Selain bersiap menjadi ibu untuk generasi Alfa, lanjut Khofifah, mereka dihadapkan pada pengaruh narkoba dan pornografi.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar