ICW akan Laporkan SBY di Forum PBB

ICW akan Laporkan SBY di Forum PBB
ICW akan Laporkan SBY di Forum PBB
JAKARTA - Indonesian Corruption Watch (ICW) agaknya tidak setengah-setengah menyikapi gerakan yang disebut telah mengkriminalisasi dan melemahkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Tindakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang dianggap membiarkan pelemahan itu, bahkan akan dilaporkan ke Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

"Kami akan melaporkan kondisi buruk pelemahan KPK dan tindakan pembiaran Presiden terhadap masalah ini, dalam konferensi negara-negara peserta penandatangan Konvensi Antikorupsi PBB, yang akan dilaksanakan di Doha, Qatar, 9-13 November 2009," kata Wakil Koordinator ICW, Emerson Yuntho, melalui surat elektroniknya.

Emerson juga menyebutkan akan mengajukan upaya hukum gugatan perdata secara class action untuk kasus ini. Termasuk juga katanya, dengan mendorong upaya impeachment terhadap Presiden melalui parlemen.

Bersama koalisinya, ICW menuntut kepada Presiden SBY agar membentuk Tim Penyelidik Independen untuk mengusut dugaan keterlibatan petinggi-petinggi kepolisian dan Kejaksaan Agung dalam skenario penetapan tersangka Bibit Samad Rianto dan Chandra M Hamzah yang saat ini ditahan Mabes Polri. Kata Emerson, seharusnya pejabat-pejabat yang namanya disebut dalam transkrip rekaman itu dinonaktifkan untuk memudahkan pengusutan.

JAKARTA - Indonesian Corruption Watch (ICW) agaknya tidak setengah-setengah menyikapi gerakan yang disebut telah mengkriminalisasi dan melemahkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News