Ide Hanung soal Toleransi Beragama di Film

Ide Hanung soal Toleransi Beragama di Film
Ide Hanung soal Toleransi Beragama di Film
JAKARTA - Sutradara kenamaan tanah air Hanung Bramantyo (35), kembali akan meramaikan produksi film tanah air. Setelah sukses dengan Sang Pencerah pada 2010, laki-laki kelahiran Jogjakarta tersebut lagi-lagi akan mengangkat tema film yang sarat dengan keagamaan pada 2011. Film kali ini bercerita tentang toleransi umat beragama.

Menurut bapak dua anak itu, filmnya kali ini tidak diberi judul dan hanya diberi nama "?". "Itu bukan film komersial seperti biasa. Itu film statement. Kami mau bicara kepada masyarakat tentang kondisi keagamaan kita. Karena itu, saya kasih tanda tanya. Saya serahkan semua kepada penonton. Biar mereka yang memberi judul apa. Sebab, saya sendiri bingung mau memberi judul apa," jelasnya pada Kamis malam (30/12), di Restoran Radja Ketjil, Gandaria City Mall, Jakarta Selatan.

Sebenarnya, film yang akan mulai syuting di Semarang pada 5 Januari mendatang tersebut merupakan film ke-14 Hanung. Tapi, dia menyebut bahwa film itu adalah film keduanya setelah Sang Pencerah. "Saya bilang begitu karena setelah membuat Sang Pencerah, saya mulai merasa dewasa sebagai pembuat film," terangnya.

Kenapa berani mengambil tema keagamaan yang cukup sensitif? Peraih penghargaan Sutradara Terbaik FFI 2007 lewat film Get Married tersebut mengungkapkan bahwa itu merupakan kebimbangan hatinya. Dia bercerita, sejak kecil, dirinya hidup harmonis dengan beragam agama. "Ibu saya adalah Tionghoa yang keluarganya masih merayakan Natal dan Imlek, sementara ayah saya merayakan Idul Fitri," ungkapnya.

JAKARTA - Sutradara kenamaan tanah air Hanung Bramantyo (35), kembali akan meramaikan produksi film tanah air. Setelah sukses dengan Sang Pencerah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News