Idealnya, Harga Gas Mendekati Negara Lain

Idealnya, Harga Gas Mendekati Negara Lain
Foto: dok.Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA--Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Haris Munandar, menilai harga gas yang ideal adalah sama seperti atau mendekati harga di negara-negara lain.‎ Misalnya Malaysia dan China harga gas USD 4,5-5,5/mmbtu, dan India sekitar USD 5,4/mmbtu.

"Jadi bila beban biaya lain dalam penjualan gas kepada dunia industri bisa dikurangi maka harga gas seharusnya bisa pada kisaran harga USD 6-7/mmbtu," ujar Haris dalam keterangan persnya, Jumat (11/9).

Untuk pengembangan industri hilir, lanjutnya, perlu ada pembenahan infrastruktur dan ketersediaan gas dan listrik.

Pemerintah juga memberi rangsangan investasi berupa fasilitas fiskal untuk investasi baru dan perluasan yaitu tax allowance melalui PP 18/2015 dan tax holiday berupa PMK 159/2015 yang disertai dengan berbagai relaksasi dari persyaratan memperoleh fasilitas tersebut.

"‎Dengan penetapan harga gas, pembenahan infrastruktur, dan fasilitaa fiskal, kami optimis industri akan berkembang pesat," tandasnya. (esy/jpnn)

 


JAKARTA--Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Haris Munandar, menilai harga gas yang ideal adalah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News