JPNN.com

Idealnya Satu Desa Satu Bidan

Minggu, 14 November 2010 – 09:09 WIB
Idealnya Satu Desa Satu Bidan - JPNN.com
Idealnya Satu Desa Satu Bidan
MATARAM -- Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi mengatakan, untuk mendukung tercapaianya program angka kematian ibu dan bayi nol (Akino), idealnya satu desa minimal memiliki satu bidan. "Hingga saat ini, angka ideal itu belum bisa kita penuhi," ungkapnya.

Dikatakan, pihaknya terus berupaya menambah bidan melalui jalur penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNSD) 2010. Gubernur sudah meminta kepada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB untuk berkoordinasi dengan BKD kabupaten-kota. Sehingga, jumlah bidan yang akan direkrut  pada penerimaan CPNS 2010 ini lebih besar. "Meski secara bertahap, namun angka ideal itu harus bisa kita penuhi," ucapnya, kemarin.

Formasi CPNS di seluruh kabupaten-kota baru akan diumumkan besok. Kabarnya, selain tenaga pendidik, perekrutan tenaga kesehatan, termasuk bidan adalah yang paling banyak.Menurut gubernur, hingga saat ini baru 70 persen desa di NTB yang memiliki bidan.

Jika ingin mencapai jumlah ideal, NTB membutuhkan sekitar 917 orang bidan. "Selain lewat perekrutan CPNS, 30 persen kekurangannya itu sedang kita upayakan dari tenaga medis Pegawai Tidak Tetap (PTT) yang nantinya didanai Kementerian Kesehatan," tegas gubernur termuda di Indonesia itu.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
tomo