IDI Manokwari Bersama Puluhan Dokter Spesialis Menggelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

IDI Manokwari Bersama Puluhan Dokter Spesialis Menggelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis
Ketua IDI Kabupaten Manokwari, Papua Barat, dr. Rivaldi D Liligoly Sp.OG (ANTARA/HANS ARNOLD KAPISA)

jpnn.com - MANOKWARI - Ikatan Dokter Indonesia Kabupaten Manokwari, Papua Barat, bersama puluhan dokter spesialis menggelar bakti sosial berupa pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga tiga distrik,  yaitu Warmare, Prafi, dan Masni, di Rumah Sakit Pratama Warmare, Sabtu (10/12). Kegiatan itu masih dalam rangkaian Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2022.

Ketua IDI Kabupaten Manokwari dr. Rivaldi D Liligoly, Sp.OG mengatakan bakti sosial pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga tiga ini merupakan pengabdian profesi dokter kepada masyarakat dalam rangkaian HKN 2022.

"Masih dalam rangkaian HKN 2022, IDI Manokwari menginisiasi pelayanan di lingkungan masyarakat bersama para dokter spesialis untuk menjangkau kelompok masyarakat yang benar-benar membutuhkan skrining dokter spesialis," ujar Rivaldi.

Dia menjelaskan para dokter spesialis yang terlibat dalam bakti sosial tersebut, di antaranya, spesialis penyakit dalam, spesialis anak, anestesi, bedah, THT, mata, patologi klinik, patologi anatomi, kesehatan gigi dan mulut, dan spesialis kandungan. 

Menurut dia, sebagian besar warga tiga distrik sangat membutuhkan pemeriksaan kesehatan dokter spesialis, tetapi terkendala akses, fasilitas, dan sumber daya manusia di pusat-pusat pelayanan kesehatan terdekat.

Dia menambahkan pelayanan bersama dokter spesialis ini hanya digelar sehari di RS Pratama Warmare.

“Jika ada keluhan warga yang membutuhkan penanganan serius, kami sarankan agar kontrol rutin dan segera dirujuk untuk penanganan lebih lanjut," ujarnya.

Dia berharap melalui bakti sosial bersama para dokter spesialis menjadi sebuah dorongan bagi pemerintah daerah setempat segera melengkapi sarana prasarana dan SDM di RS Pratama Warmare.

IDI Manokwari bersama puluhan dokter spesialis menggelar pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat di tiga distrik. Rangkaian HKN 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News