IDI Mengungkap Penyakit yang Lebih Buruk dari Covid-19, Waspada!

IDI Mengungkap Penyakit yang Lebih Buruk dari Covid-19, Waspada!
Ketua IDI Daeng M. Faqih mengingatkan sejumlah penyakit lain yang mengintai selain Covid-19. Ilustrasi warga menjalani swab test: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M. Faqih mengingatkan sejumlah penyakit infeksi selain Covid-19 masih perlu diwaspadai.

Pasalnya, angka kasus penyakit yang biasa terjadi jelang musim hujan masih cukup tinggi.

"Jelang musim hujan ada penyakit infeksi seperti demam berdarah yang jumlah kasusnya banyak dan tingkat kematiannya masih tinggi sekali," ujar Ketua IDI Daeng dalam diskusi virtual pada Selasa (31/8).

Daeng memparkan selain demam berdarah, penyakit infeksi seperti tuberculosis atau TBC dan HIV juga memiliki tingkat kasus yang tinggi di Indonesia.

Bahkan, lanjut dia, jumlah kasusnya menduduki rangking lima besar di dunia.

"Ini belum termasuk beberapa penyakit yang sudah kami coba eradikasi seperti polio, namun di beberapa wilayah kasusnya masih tetap muncul ke permukaan," jelas Daeng.

Dia menyebutkan tingginya jumlah kasus penyakit infeksi di Indonesia seperti mematahkan pernyataan para pakar bahwa penyakit infeksi telah mengalami banyak penurunan dan banyak kasus mengarah pada penyakit gaya hidup.

Penyakit gaya hidup ini adalah jenis penyakit tidak menular, yang umumnya disebabkan oleh kurangnya aktivitas fisik, makan yang tidak sehat, konsumsi alkohol berlebihan, konsumsi narkoba, dan merokok.

Ketua IDI Daeng M. Faqih mengingatkan sejumlah penyakit lain yang mengintai selain Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News