IDSurvey Dukung Bursa Karbon di Indonesia

IDSurvey Dukung Bursa Karbon di Indonesia
IDSurvey (Logo). Foto dok IDSurvey

jpnn.com, JAKARTA - IDSurvey ditunjuk oleh Kementerian BUMN untuk melaksanakan program dekarbonisasi dan penyelenggaraan Nilai Ekonomi Karbon (NEK) di BUMN.

IDSurvey melakukan penandatanganan kerja sama strategis dengan BEI sebagai langkah implementasi NEK pada Februari 2023 lalu.

Kerja sama yang dilakukan antara IDSurvey dengan BEI untuk mengintegrasikan layanan dekarbonisasi, mempercepat pelaku usaha dalam mendapatkan keekonomian nilai karbon, sekaligus turut mendukung BEI untuk menjadi tuan rumah perdagangan karbon di negeri sendiri.

“IDSurvey, memberikan layanan inisiatif dekarbonisasi secara end-to-end, full suite of services, dimulai dari capability building kepada pelanggan mengenai dekarbonisasi dan nilai ekonomi karbon, pelaksanaan baselining emisi GRK, perancangan rencana aksi mitigasi, project design development dan pelaksanaan proyek inisiatif dekarbonisasi, pelaksanaan verifikasi dan validasi GRK dan juga rating serta konsultasi pengelolaan ESG,” ujar Direktur Utama IDSurvey Arisudono.

IDSurvey melalui anak perusahaan, SUCOFINDO juga menyediakan layanan Lembaga Validikasi dan Verifikasi (LVV) Informasi Gas Rumah Kaca (GRK) dan telah resmi meraih akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Layanan ini diharapkan mampu mendukung NEK yang ditetapkan oleh pemerintah dan mendukung penyelenggaraan serta ekosistem bursa karbon.

IDSurvey yang bergerak dalam sektor testing, inspection dan certification (TIC) dengan beranggotakan PT BKI, PT SUCOFINDO dan PT Surveyor Indonesia, yang memiliki pengalaman puluhan tahun serta tenaga ahli yang berkompeten, siap mendukung pemerintah dalam ekosistem bursa karbon sebagai one-stop-solution bursa dekarbon.

Kesiapan IDSurvey untuk memaksimalkan potensi bursa karbon Indonesia, ditunjang juga dengan adanya akreditasi yang diraih oleh anak perusahan IDSurvey di sektor bisnis hijau yaitu PT SUCOFINDO, di mana akreditasi yang diraih adalah sebagai LVV informasi GRK dari KAN.(chi/jpnn)

Kesiapan IDSurvey untuk memaksimalkan potensi bursa karbon Indonesia, ditunjang juga dengan adanya akreditasi yang diraih oleh anak perusahan IDSurvey.


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News