JPNN.com

Idul Adha, Teror Taliban Jalan Terus

Kamis, 23 Agustus 2018 – 11:54 WIB Idul Adha, Teror Taliban Jalan Terus - JPNN.com

jpnn.com, KABUL - Idul Adha tidak membuat Taliban berhenti meneror rakyat Afghanistan. Selasa (21/8) mereka meluncurkan roket ke kawasan diplomatik ibu kota. Pada waktu yang sama, kelompok militan itu membebaskan puluhan sandera yang mereka culik dari sejumlah bus di Provinsi Kunduz.

Majalah Time melaporkan, roket Taliban ditembakkan saat Presiden Ashraf Ghani berpidato tentang Idul Adha di istana kepresidenan. Roket pertama jatuh di dekat istana.

Roket selanjutnya jatuh di dekat markas NATO dan Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Kabul. Beruntung, tidak ada korban. ''Jika mereka pikir serangan roket akan membuat Afghanistan lemah, mereka salah,'' ujar Ghani. Meski dihujani roket, dia tetap melanjutkan pidatonya. Ghani meminta masyarakat tetap tenang.

Jubir Kepolisian Kaul Hashmat Stanekzia menjelaskan, polisi membaca gelagat tidak baik sejak pagi. Sebelum serangan terjadi, petugas membuntuti kendaraan yang meluncur dari sebuah rumah dekat Masjid Eid Gah.

Karena itu, begitu roket ditembakkan ke arah istana kepresidenan dan kompleks diplomatik, aparat langsung merespons dengan aksi udara.

Sementara itu, drama penyanderaan para penumpang bus di Kunduz berlanjut. Sejak Senin (20/8), total 160 warga sipil dibebaskan. Namun, masih ada setidaknya 20 penumpang yang disandera Taliban. Seluruhnya adalah aparat. (bil/c14/hep)

Sumber Jawa Pos

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...