Harga Sapi Kurban Naik, Betina Lebih Murah

Harga Sapi Kurban Naik, Betina Lebih Murah
Sapi. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, PAYAKUMBUH - Harga sapi kurban di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota, Sumbar, mulai merangkak naik, jelang Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriyah.

Diperkirakan, kenaikan ini akan terus berlangsung hingga mendekati ibadah berkurban bagi umat Islam.

Pantauan Padang Ekspres (Jawa Pos Group) di Pasar Ternak Payakumbuh, kawasan Koto Baru Payobasuang, Payakumbuh Timur, Minggu lalu (30/7), sapi ukuran kurban lebih banyak dijual pedagang ketimbang sapi untuk penggemukan.

"Memang sekarang lebih banyak barang (sapi, red) kurban, ketimbang barang pakai (sapi untuk penggemukan)," kata Datuak, 42, seorang toke ternak asal Limapuluh Kota.

Menariknya, dari ratusan ekor sapi ukuran kurban yang dijual pedagang di Pasar Ternak Payakumbuh pada Minggu lalu, sapi jenis Blasteran Bali terlihat lebih mendominasi. Jumlah sapi ini lebih banyak dijual pedagang ketimbang sapi lokal jenis lainnya, seperti Sapi Passisie, Sapi Lampung, Sapi PO (Peranakan Ongole), atau pun sapi kampung yang sudah mengalami kawin silang.

"Nampaknya, sekarang lebih banyak Blasteran Bali ketimbang samping jenis lainnya. Tapi, kami selaku panitia kurban, sekarang sedang mencari sapi kampung dulu. Kalau tidak ada sapi kampung, baru diambil Blasteran Bali. Karena itu pula permintaan peserta kurban di kampung kami," kata Uwan Icau, 64, seorang panitia kurban yang mulai mendatangi pasar ternak.

Dari sisi harga, sapi ukuran kurban yang dijual pedagang di Pasar Ternak Payakumbuh pada Minggu lalu, memiliki harga yang bervariasi. Untuk sapi jantan, harganya berkisar mulai dari Rp15 juta sampai dengan Rp19 juta untuk setiap ekornya. Kemudian, juga ada harga di atas Rp20 juta per ekor untuk kurban dengan ukuran lebih besar.

Menurut sejumlah pedagang, sapi jantan ukuran kurban, lebih banyak dibeli masyarakat atau panitia yang berasal dari wilayah Agam, Bukittinggi, Padang, Padangpanjang, dan sebagian Tanahdatar.

Jelang hari Raya Idul Adha 1439 Hijriyah, harga sapi kurban naik, untuk ukuran besar bisa mencapai di atas Rp 20 juta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News