Sidang Isbat Penentuan Awal Dzulhijjah 11 Agustus

 Sidang Isbat Penentuan Awal Dzulhijjah 11 Agustus
Melihat hilal. Ilustrasi Foto: Ismail Pohan/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kemenag akan menggelar sidang isbat pada Sabtu (11/8) untuk penentuan awal Dzulhijjah, yang menjadi patokan jatuhnya hari raya Idul Adha.

Dirjen Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kemenag Muhammadiyah Amin menuturkan, secara teknis pelaksanaannya sama dengan sidang Isbat awal puasa maupun Idul Fitri. Kemenag bakal menyebar tim rukyat yang bertugas memantau hilal di sejumlah titik.

Amin mengatakan ketika 1 Dzulhijjah sudah bisa ditetapkan, otomatis Idul Adha juga bisa langsung diketahui. Sebab Idul Adha jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah dalam kalender hijriyah.

Terkati dengan potensi Idul Adha berjalan serentak, Amin menjawab diplomatis. ’’Insya Allah serempak,’’ katanya.

Dalam momentum Idul Adha atau sering disebut lebaran haji, Amin mengingatkan ada tuntunan ibadah menyembelih hewan kurban. Dia mengatakan Allah menjanjikan pahala berlipat bagi orang yang mengambalkan ibadah menyembelih hewan kurban itu.

’’Sebaliknya ancaman abgi orang yang mampu, tetapi tidak menunaikannya,’’ jelasnya.

Sementara itu Muhammadiyah sudah jauh-jauh hari menetapkan 1 Dzulhijjah maupun Idul Fitri. Dalam Maklumat Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah yang dikeluarkan 9 Maret lalu ditetapkan bahwa Idul Adha (10 Dzulhijjah) jatuh pada Rabu 22 Agustus.

Pasalnya pada 11 Agustus posisi hilal masih belum wujud, sehingga 1 Dzulhijjah ditetapkan pada 13 Agustus. (wan/ttg)


Sidang isbat untuk penentuan awal Dzulhijjah yang menjadi patokan jatuhnya hari raya Idul Adha, akan dilakukan 11 Agustus.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News