Hasil Sidang Isbat: Awal Puasa Ramadan 1439 H Kamis

Hasil Sidang Isbat: Awal Puasa Ramadan 1439 H Kamis
Menag Lukman Hakim Saifuddin saat jumpa pers Sidang Isbat Awal Ramadan 1439 H, Jakarta, Selasa (15/5). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sidang isbat yang dipimpin Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menetapkan awal Ramadan 1439 H jatuh pada Kamis (17/5).

Keputusan ditetapkan menyusul hasil pemantauan hilal di 95 titik di seluruh Indonesia dan perhitungan rukhyatul.

"Selaku pimpinan sidang saya ingin menegaskan, 1 Ramadan 1439 H jatuh pada Kamis. Atas nama pemerintah kami menyampaikan pada seluruh umat Islam di Indonesia, selamat memasuki Ramadan," ujar Lukman pada konferensi pers yang dilaksanakan di kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (15/5).

Menurut Lukman, dalam sidang isbat disampaikan posisi hilal di seluruh Indonesia pada Selasa petang masih di bawah ufuk, atau berkisar minus 1 derajat 36 menit sampai 0 derajat 2 menit.

Sementara laporan dari pelaku rukhyatul yang diterima menyatakan tak seorang pun berhasil melihat hilal.

"Malam hari ini (Selasa,red) 30 Syaaban, maka 1 Ramadan jatuh pada Kamis 17 Mei," ucap Lukman.

Sidang isbat diikuti seluruh perwakilan ormas Islam yang ada di Indonesia, sejumlah duta besar negara sahabat dan pihak terkait lainnya. (gir/jpnn)

 


Hasil sidang isbat penetapan awal puasa Ramadan 1439 H jatuh pada Kamis (17/5), sebaimana diumumkan Menag Lukman Hakim Saifuddin.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News