IHSG 2023 Tetap Optimistis di Tengah Volatilitas Pasar, Ini Kuncinya!

IHSG 2023 Tetap Optimistis di Tengah Volatilitas Pasar, Ini Kuncinya!
Top Management RHB Sekuritas Indonesia dan RHB Banking Group dalam acara Networking Dinner beberapa waktu lalu.Foto: RHB

jpnn.com, JAKARTA - Head of Research RHB Sekuritas Indonesia Andrey Wijaya memperkirakan IHSG akan menghadapi volatilitas yang tinggi sepanjang semester I-2023.

Hal itu berdasarkan hasil research report terbaru yang dikeluarkan RHB Sekuritas Indonesia terkait strategi investasi di 2023 untuk seluruh investor.

"Kami optimistis IHSG di penghujung tahun 2023 akan positif dengan target indeks 7.450," ujar Andrey, Kamis (5/12).

Menurutnya, volatilitas IHSG akan dipengaruhi oleh pelemahan mata uang rupiah dan kekhawatiran akan resesi global yang masih akan menghantui di triwulan pertama 2023.

Hal senada juga diutarakan oleh Head of Institutional Equities RHB Sekuritas Indonesia Michael Setjoadi, investor wajib memantau faktor-faktor yang mempengaruhi volatilitas pasar.

Misalnya, ekspektasi perlambatan laju pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 4,1 persen yoy di 2023, potensi penurunan harga komoditas global, khusunya harga batu bara, dan inflasi yang mencapai 4,5 persen didorong oleh kenaikan harga BBM.

"Selain itu, kenaikan suku bunga the Fed menjadi 5,00-5,25 persen si 2023 (dari 4,25-4,50 persen di 2022) yang dapat melanjutkan derasnya dana asing yang keluar yang akan menambah tekanan terhadap nilai tukar rupiah terhadap USD," ungkapnya.

Meski demikian, RHB Sekuritas Indonesia tetap optimistis IHSG dapat menguat di semester kedua 2023 seiring dengan membaiknya kondisi ekonomi makro.

Head of Research RHB Sekuritas Indonesia Andrey Wijaya memperkirakan IHSG akan menghadapi volatilitas yang tinggi sepanjang semester I-2023.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News