IKBS Dorong Pembentukan Provinsi Sumba

IKBS Dorong Pembentukan Provinsi Sumba
Peserta Rapat Kerja Pengurus Ikatan Keluarga Besar Sumba (IKBS) di di Ciloto, Bogor, Jawa Barat, 17-18 November 2017. Foto: Humas IKBS

jpnn.com, BOGOR - Ikatan Keluarga Besar Sumba (IKBS) di wilayah Jabodetabek mendorong pembentukan Provinsi Sumba di masa yang akan datang. Wacana pemekaran Provinsi Sumba dari provinsi induk yakni Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) itu dideklarasikan dalam forum Rapat Kerja (Raker) IKBS yang berlangsung di Ciloto, Bogor, Jawa Barat, 17-18 November 2017.

Deklarasi tersebut mengusung slogan “Salam Satu Sumba Menuju Provinsi Sumba”. Forum Rapat Kerja tersebut menghasilkan berbagai resolusi penting bagi pengembangan dan kemajuan organisasi secara khusus dan pembangungan masyarakat Sumba secara Umum.

Kegiatan yang bertemakan “Mewujudkan IKBS yang Bermanfaat Bagi Anggota dan Masyarakat” tersebut dihadiri langsung oleh sejumlah tokoh Sumba di Jakarta seperti Mayjen (Purn) Jan Pieter Ate, Mikael Umbu Zasa, Gustaf Tamo Mbapa, Hermanus Ndona, Tobias Tamo Ama, Teny Hamadoku, Geraldus Maliti, Umbu Luki Kapita, Celestino Reda, Rambu Yayie beserta sejumlah pengurus dan anggota IKBS.

Ketua Umum IKBS Mikael Umbu Zasa menyatakan Rapat Kerja IKBS yang diadakan tersebut memiliki tujuan strategis jangka pendek, menengah dan panjang.

“Rapat kerja yang kami adakan itu bertujuan untuk mengonsolidasikan semua kekuatan dan potensi Sumba di perantauan, untuk bersatu padu dalam program dan aksi konkret untuk berkontribusi positif bagi warga Sumba di perantauan,” katanya.

Menurut Umbu, pengurus IKBS telah membuat sejumlah program kerja yang kiranya akan berdampak bagi masyarakat Sumba di perantauan maupun yang di Sumba. IKBS secara serius bersatu padu menyumbangkan pikiran, gagasan dan aksi untuk Sumba secara umum. Kami siap bermitra dengan 4 Pemda kabupaten di Sumba.

Salah satu visi jangka panjang IKBS adalah memperjuangkan terwujudnya Provinsi Sumba. Ini mimpi yang sangat realistis walaupun butuh waktu lama untuk diperjuangkan, tapi kalau bukan dari sekarang diwacanakan, kapan lagi. Tujuannya semata-mata demi peningkatan kesejahteraan masyarakat Sumba.

Tokoh muda asal Sumba, Gustaf Tamo Mbapa menyatakan visi mewujudkan provinsi Sumba membutuhkan persiapan yang matang dan berkelanjutan. Selain dengan mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten dari sekarang, perjuangan lewat jalur politik mutlak adanya.

Deklarasi tersebut mengusung slogan “Salam Satu Sumba Menuju Provinsi Sumba”. Forum juga menghasilkan berbagai resolusi penting bagi pengembangan organisasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News