JPNN.com

Ikhtiar ILUNI UI Membangun Masyarakat Palu, Sigi dan Donggala

Sabtu, 24 Agustus 2019 – 10:00 WIB Ikhtiar ILUNI UI Membangun Masyarakat Palu, Sigi dan Donggala - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - “Datang paling awal, pulang paling akhir” merupakan prinsip Community Development Center ILUNI UI dalam menjalankan program ILUNI UI Peduli yang terintegrasi dengan program UI Peduli, ketika memberikan bantuan dan dukungan kepada masyarakat penyintas bencana. Demikian yang terjadi ketika Palu, Sigi dan Donggala diguncang bencana gempa bumi, likuifaksi dan tsunami, 28 September 2018.

Bekerja sama dengan ILUNI UI wilayah Sulawesi Tengah, ILUNI UI Wilayah Kalimantan Timur dan RSCM-FKUI, ILUNI UI memberikan bantuan sejak H+2. Baik berupa tenda, kebutuhan hidup dan logistik lain, serta penanganan medis dan kesehatan bekerja sama dengan Emergency Medical Team RSCM dan FKUI, Dinas Kesehatan Provinsi, Kota dan Kabupaten, serta rumah sakit setempat.

Ketua Umum ILUNI UI, Arief B Hardono, menyatakan hal ini bisa dilakukan dengan kolaborasi filantropis yang melibatkan banyak pihak.

BACA JUGA: Debat Pertama: 3 Calon Ketum Baru Sepakat Bawa ILUNI UI Netral dari Politik

“Gala Dana 100 Biduan dan 100 Hits untuk Palu, Sigi dan Donggala, yang diketuai oleh ibu Loemongga Kartasasmita, digelar pada 5 Oktober 2018, diprakarsai Kadri Mohamad alumni UI serta Komunitas Biduan yang dikomandani oleh Adib Hidayat, mendapat dukungan penuh dari Triawan Munaf, Kepala BEKRAF,” ujar Arief kepada media.

Donasi pun terkumpul mencapai Rp 19 miliar. Seluruhnya disalurkan untuk masyarakat penyintas bencana di Palu, Sigi dan Donggala, melalui berbagai program kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Menurut Koordinator Program ILUNI UI Peduli, Endang Mariani, program direncanakan secara sistematis, berkesinambungan dan terukur.

Endang menjelaskan, “Secara garis besar, program terbagi dalam empat tahap dengan fokus prioritas yang berbeda. Di masa tanggap darurat, ILUNI UI memberikan dukungan tempat berteduh sementara, penanganan medis, logistik, bahan pokok dan dapur umum di kantong-kantong pengungsian. Penyediaan sarana umum berupa MCK dan sarana air bersih juga dilakukan oleh ILUNI FTUI hingga dukungan psikologis."

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...