IKN Bakal Usung Konsep Smart City yang Selaras dengan Alam

IKN Bakal Usung Konsep Smart City yang Selaras dengan Alam
Temu Influencer yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim dengan tema “Sudah Sejauh Mana Pembangunan IKN?” yang berlangsung pada Jumat (1/12). Foto: dok Kemenkominfo

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Septriana Tangkary mengatakan bahwa Ibu Kota Nusantara (IKN) akan mengimplementasikan konsep smart and sustainable forest city.

Adapaun konsep tersebut sesuai visi pemerintah dalam mendorong terciptanya smart city, yang akan menyuguhkan harmoni antara pemanfaatan dan kehidupan perkotaan yang berdampingan dengan alam. 

Hal itu diungkapkan Septriana dalam talkshow Temu Influencer yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim dengan tema “Sudah Sejauh Mana Pembangunan IKN?” yang berlangsung pada Jumat, 1 Desember 2023 di Gumaya Hotel, Semarang, Jawa Tengah. 

Menurut Septriana, pembangunan IKN didorong perencanaan yang meletakkan dasar-dasar teknologi ke dalam tata kelola kota untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memberikan layanan secara efisien, efektif, dan terbuka. 

“Sesuai dengan kutipan Presiden Joko Widodo, rencana pemindahan IKN merupakan sebuah upaya proses percepatan pembangunan, pemerataan, dan pemberdayaan kawasan Indonesia timur. Penetapan IKN diharapkan dapat menjadi katalis untuk menumbuhkan pusat-pusat ekonomi baru di wilayah lainnya di Indonesia,” kata Septriana.

Septriana menjelaskan semua pihak berperan dalam pembangunan ibu kota untuk mewujudkan IKN sebagai smart city.

"Kemenkominfo pun berperan dalam mengembangkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan penyediaan Pusat Data Nasional (PDN)," katanya. 

Salah satu kota di Indonesia yang telah mengimplementasikan konsep smart city yaitu Kota Semarang, sejak 2013. 

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Septriana Tangkary mengatakan IKN akan mengimplementasikan konsep smart city yang selaras dengan alam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News