IKN Nusantara Rentan Ancaman Serangan Udara, Jenderal Andika Merespons

IKN Nusantara Rentan Ancaman Serangan Udara, Jenderal Andika Merespons
Panglima TNI Jenderal Andika. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa merespons ucapan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Andi Widjajanto yang mengatakan lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, rentan terhadap ancaman serangan udara dari luar. 

Menurut Jenderal Andika, TNI masih memiliki kekurangan apabila dilihat dari aspek alat utama sistem senjata (alutsista). Bukan hanya alutsista dari sisi matra udara, melainkan juga darat dan laut. 

"Memang kalau dilihat dari alutsista, kita memang masih kurang banyak sekali. Bukan hanya di udara, tetapi juga di matra darat dan matra laut," kata Jenderal Andika di Kantor PBNU, Jakarta Pusat, Senin (23/5).

Namun demikian, mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ini berterima kasih kepada pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pertahanan (Kemham) yang telah melakukan pengadaan alutsista semaksimal mungkin.

Dia menyatakan pemerintah telah berusaha memberikan yang terbanyak sesuai dengan kondisi keuangan negara yang ada. “Yang jelas, tidak ada pemerintah yang kemudian tidak berusaha maksimal dalam memberikan anggaran, termasuk pemerintah presiden saat ini," ungkap Jenderal Andika.

Sebelumnya, Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Andi Widjajanto mengatakan lokasi IKN Nusantara di Penajam Paser Utara, Kaltim, rentan terhadap ancaman serangan udara dari luar. 

"Secara geografis, Ibu Kota Nusantara memiliki kerentanan tinggi terhadap ancaman eksternal, khususnya yang bersumber dari udara," kata Andi Widjajanto saat menyampaikan orasi ilmiah di Lemhannas, Kamis (19/5). 

Oleh karena itu, Andi meminta agar kapasitas anti-access/area-denial (A2/AD) di sekitar IKN perlu diperkuat. Dia menambahkan pemindahan Ibu Kota Jakarta ke Kalimantan Timur perlu disertai perubahan paradigma pertahanan.

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa merespons pernyataan Gubernur Lemhanas Andi Widjajanto yang menyebut IKN Nusantara rentan ancaman serangan udara dari luar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News