Ikrar Bangsa Indonesia dalam Pidato Jokowi Semakin Memperlihatkan Persatuan

Ikrar Bangsa Indonesia dalam Pidato Jokowi Semakin Memperlihatkan Persatuan
Ikrar Bangsa Indonesia dibacakan langsung oleh Ketua Dewan Pengarah Visi Indonesia Andi Gani Nena Wea dalam acara Pidato Jokowi di Sentul, Minggu (14/7) kemarin. Foto IST

jpnn.com, JAKARTA - Pidato presiden terpilih Joko Widodo bertajuk Visi Indonesia pada Minggu (14/7), rupanya masih menarik perhatian dan diperbincangkan. Pengamat politik Charta Politika, Yunarto Wijaya menilai pidato tersebut menunjukkan penegasan atas pernyataan kerja tanpa beban yang selama ini dijalaninya.

"Jelas bahwa Presiden Jokowi akan mengambil sikap lebih berani dan sikap lebih tegas dalam periode keduanya," ujar Yunarto di Jakarta, Senin (15/7).

Menurutnya, penegasan sikap Presiden Jokowi ditunjukan pada penggunaan kalimat atau diksi yang diucapkannya. Beberapa kali dalam pidatonya, Jokowi menggunakan kata hajar, hapus dan hilangkan.

Yunarto menjelaskan, dalam pidatonya, Jokowi secara gamblang menujukan pesannya kepada seluruh elemen masyarakat yang menunjukkan visinya bukan lagi untuk berkompromi melainkan untuk bekerja dan akan berani mengambil tindakan tegas.

Selain itu, Yunarto mengapresiasi adanya Ikrar Bangsa Indonesia yang menunjukan adanya bentuk persatuan.

Ikrar Bangsa Indonesia dibacakan langsung Ketua Dewan Pengarah Visi Indonesia Andi Gani Nena Wea. Ditunjuknya Andi memang tak asing, dirinya di kenal sebagai loyalis Jokowi sejak Pilgub DKI sampai Pilpres 2019.

Saat membacakan Ikrar Bangsa Indonesia yang diikuti seluruh hadirin, Andi mengenakan pakaian adat Nagekeo dari NTT dan didampingi pimpinan-pimpinan relawan yang mengenakan baju adat dari seluruh wilayah Indonesia.

"Ikrar Bangsa Indonesia menekankan Persatuan Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika menjadi perekat utama bangsa Indonesia," tandasnya.(chi/jpnn)


Saat membacakan Ikrar Bangsa Indonesia yang diikuti seluruh hadirin, Andi Gani mengenakan pakaian adat Nagekeo dari NTT dan didampingi pimpinan-pimpinan relawan Jokowi yang mengenakan baju adat dari seluruh wilayah Indonesia.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News