Ikuti Jejak Jokowi dan Gibran, Kaesang Bisa Memulai dari Wali Kota Solo

Ikuti Jejak Jokowi dan Gibran, Kaesang Bisa Memulai dari Wali Kota Solo
Pengamat politik Jamiluddin Ritonga menilai wajar putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep memiliki ketertarikan untuk bergelut di dunia politik. Ilustrasi Foto: Romensy Augustino/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Jamiluddin Ritonga menilai wajar putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep memiliki ketertarikan untuk bergelut di dunia politik.

Sebab, kata dia, lingkungan keluarga Kaesang berkecimpung di dunia politik seperti sang ayah, lalu Gibran Rakabuming Raka, dan semenda Bobby Nasution. 

"Kaesang kesehariannya melihat ayah, kakak, dan kakak iparnya intens di dunia politik. Hal itu secara langsung menularkan dunia politik kepada Kaesang," kata Jamiluddin melalui layanan pesan, Selasa (24/1).

Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul itu mengatakan Kaesang punya modal besar untuk terjun ke politik.

Jamiluddin merasa Jokowi, Gibran, dan Bobby tentu tidak diam dan bakal menyokong keinginan Kaesang terjun ke politik.

"Sokongan sang ayah, kakak, dan kakak ipar akan memudahkan Kaesang berkarier di dunia politik," katanya.

Jamiluddin menyebut Kaesang bisa memulai terjun ke politik dengan mengikuti jejak sang ayah dan kakak menjadi wali kota Solo.

Menurutnya, berkiprah di Solo bagi Kaesang akan lebih mudah. Sebab, kota itu menjadi basis sang ayah dan kakak. "Ia bisa menggantikan sang kakak, Gibran sebagai wali kota," katanya.

Pengamat politik Jamiluddin Ritonga menyebut Kaesang Pangarep punya modal besar untuk terjun ke politik. Apa itu? 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News