Ikuti Trauma Healing di Posko Bantuan BIN, Anak-anak di Cianjur Bisa Tertawa Lagi

Ikuti Trauma Healing di Posko Bantuan BIN, Anak-anak di Cianjur Bisa Tertawa Lagi
Badan Intelijen Negara (BIN) mendirikan posko di area gempa Cianjur. Foto dok BIN

jpnn.com, CIANJUR - Senyum riang terpancar dari puluhan anak-anak pengungsi di Posko Bantuan BIN di jalan lintas Labuan, Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, saat mengunjungi trauma healing.

Mereka fokus tertuju pada dongeng yang disajikan personil BIN yang bekerja sama dengan sukarelawan dari Yayasan Akasia dan Yayasan Cinta Anak Bangsa Bandung.

Kisah 'Asep dan Usep', 'Singa dan Tikus Pemberani', serta berbagai permainan berhasil menghilangkan rasa takut dan cemas anak-anak korban bencana tersebut.

Dalam momen itu, diselipkan ajakan membaca kepada anak-anak. Para peserta yang mampu menjawab beberapa pertanyaan akan mendapatkan hadiah berupa buku cerita.

Anak-anak juga diajak berkreasi menggunakan origami untuk melatih motorik halus.

"Saya senang sekali melihat anak-anak itu bisa senyum, tertawa dalam kegiatan mendongeng, hiburan, dan pembagian hadiah. Acara ini sangat penting sekali; bagaimana kita memberikan pendampingan psikososial," ucap Juru Bicara BIN, Prabawa Ajie di Posko Bantuan BIN, Kamis (24/11).

Ajie menyebut, trauma healing ini bukanlah pertama kali diselenggarakan. Sebelumnya, BIN berkolaborasi dengan mahasiswa pencinta alam (mapala) se Jabodetabek, Banten, dan Jawa Barat.

"Tujuannya adalah bagaimana kami memberikan pendampingan kepada adik-adik kita yang masih kecil-kecil dalam menghadapi musibah bencana ini, tentunya agar riang gembira," jelas Arie.

Badan Intelijen Negara (BIN) terus berupaya melakukan pemulihan bagi para korban gempa bumi Cianjur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News