Ilham Akbar Habibie Buka-bukaan Tentang Keinginan Ayahnya

Ilham Akbar Habibie Buka-bukaan Tentang Keinginan Ayahnya
Ilham Akbar Habibie. Foto: Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Putra pertama BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie mengatakan bahwa apa yang selama ini didambakan ayahnya akhirnya terwujud, yakni selalu bersama dengan ibu, Hasri Ainun Habibie.

"Mereka sekarang bisa satu, bersatu dalam akhirat, sesuatu hal yang didambakan oleh bapak semenjak Ibu wafat. Bapak itu tiap hari tahlilan, setiap hari Jumat atau lebih ke makam untuk berdoa begitu setia, sampai wafat pun dikuburkan di sebelah. Insya allah mudah-mudahan mereka untuk selamanya bersama berdua di sisi Allah SWT," kata Ilhanm dalam samburannya usai pemakaman jenazah almarhum ayahnya di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama, Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9).

Secara khusus Ilham menceritakan momen sembilan tahun silam. Saat itu, Hasri Ainun Habibie (ibunya) dimakamkan dengan cara yang serupa yaitu acara kenegaraan.

Hampir seluruh masyarakat Indonesia termasuk keluarga dan sahabat merasakan kehilangan sosok inspirator.

"Bapak dikelilingin keluarga, sahabat, teman seperjuangan, teman pada umumnya dan semua berdoa untuk bapak dan satu demi satu mencium beliau. Dengan rasa cinta itu lah bapak meninggalkan dunia ini," sambung Ilham.

Ilham berpesan kepada seluruh elemen masyarakat agar tidak berhenti mencari ilmu agar menyelesaikan masalah hingga mencari solusi.
 
"Marilah kita belajar dari seorang guru bangsa. Saya melihat beliau punya sikap, pertama sampai akhir hayat bapak. Bapak tidak pernah mau berhenti untuk belajar, selalu ada hal baru yang harus kita mengerti, mulai tantangan, masalah sampai dengan solusi," pungkas Ilham. (mg9/jpnn) 

Putra pertama BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie mengatakan bahwa apa yang selama ini didambakan ayahnya akhirnya terwujud, yakni selalu bersama dengan ibu, Hasri Ainun Habibie.


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News