ILUNI UI Peduli Tebar Bantuan untuk 400 Kepala Keluarga Korban Gempa Cianjur

ILUNI UI Peduli Tebar Bantuan untuk 400 Kepala Keluarga Korban Gempa Cianjur
Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) Peduli Gempa Cianjur membagikan 400 bantuan berupa sembako untuk korban gempa Cianjur. Foto: Dok ILUNI UI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum ILUNI UI Didit Ratam menyampaikan donasi sembako ini merupakan program yang rutin dijalankan ILUNI UI sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama.

Paket sembako terdiri dari bahan-bahan kebutuhan pokok seperti beras, minyak, terigu, gula, sarden, kornet, mie telur, kecap, mentega, teh, dan garam. 

“Program donasi sembako ILUNI UI kali ini juga menyasar ke para penyintas gempa di Cianjur. Harapannya bantuan donasi sembako dari para alumni dan mitra ILUNI UI ini bisa membantu kebutuhan Ramadan dan Lebaran para warga penyintas gempa Cianjur,” ujar Didit dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (16/4).

Koordinator ILUNI UI Peduli sekaligus Ketua ILUNI UI Endang Mariani menyampaikan apresiasi atas donasi dari para Alumni UI dan masyarakat yang telah membantu para penyintas gempa Cianjur, sehingga terkumpul donasi sebesar Rp 1,5 miliar.

“Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh Alumni UI dan mitra ILUNI UI yang telah membantu sejak tahap tanggap darurat hingga tahap rehab rekon. Alhamdulillah, di bulan Ramadan ini warga Cugenang sudah bisa menempati hunian yang memadai dan anak-anak bisa belajar lagi di sekolah,” ungkapnya.

Adapun acara penyerahan sembako sekaligus buka puasa bersama lebih dari 100 warga Sirnagalih dan Padaruum, Desa Benjot, Cugenang, pada Senin, (12/4).

Sebelumnya, ILUNI UI telah berhasil memenuhi komitmen untuk membangun hunian sementara (ANTARA) sebanyak 51 unit di Desa Benjot, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur. Pembangunan telah selesai sebelum memasuki bulan Ramadan. ANTARA merupakan hunian yang dirancang oleh Alumni Departemen Arsitektur Fakultas Teknik UI khusus daerah rawan bencana, dengan memanfaatkan kearifan lokal, serta menggunakan bahan berkualitas. Meski pembangunan ANTARA relatif singkat yakni selama 4-5 jam per unit, usia bangunannya bertahan lama. 

Ketahanan bangunan sudah teruji di berbagai lokasi terdampak bencana lain seperti Lombok, Palu, Sigi, dan Donggala. 

Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) Peduli Gempa Cianjur membagikan 400 bantuan berupa sembako untuk korban gempa Cianjur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News