Imbas Kebijakan COVID yang Ketat di Tiongkok, Apple Akan Memindahkan Produksi iPhone ke India

Imbas Kebijakan COVID yang Ketat di Tiongkok, Apple Akan Memindahkan Produksi iPhone ke India
iPhone 14 mulai dijual awal bulan September lalu. (Reuters: Thomas Peter)

Apple akan mulai memproduksi iPhone 14s di India, di tengah meningkatnya kritik atas dampak ekonomi dan sosial dari kebijakan nol kasus COVID-19 di Tiongkok.

Sebagian besar smartphone dan tablet keluaran Apple dirakit oleh kontraktor yang memiliki pabrik di Tiongkok.

Tapi pada tahun 2020, Apple mulai meminta pemindahan produksi ke beberapa lokasi di Asia Tenggara atau tempat lain akibat pandemi COVID-19 yang mengganggu aliran produksi global.

"Kami senang bisa memproduksi iPhone 14 di India," kata Apple dalam sebuah pernyataan, Senin kemarin (26/09).

Apple belum memberikan rinciannya, tapi sejumlah laporan menyebutkan perusahaan tersebut juga berencana untuk merakit tablet iPad dan earphone nirkabel di Vietnam.

Sementara itu, perusahaan lain terus mempertahankan produksinya di Tiongkok untuk memenuhi kebutuhan domestik, sambil juga mengalihkan produksi barang untuk ekspor ke negara lain akibat kenaikan upah dan biaya produksi, serta sulitnya pimpinan perusahaan asing mengunjungi Tiongkok karena kebijakan ketat yang masih diberlakukan.

'Semuanya saling terkait'

Profesor Yang Dali dari Universitas Chicago, yang menulis tentang politik dan ekonomi di Tiongkok, mengatakan dampak kebijakan Tiongkok untuk ambisi nol kasus COVID-19 telah berdampak signifikan bagi ekonomi.

Angka pendapatan domestik di Tiongkok yang positif tidak sepenuhnya mencerminkan kesulitan ekonomi yang sedang dihadapinya, kata Profesor Yang.

Apple akan memindahkan 25 persen produksi iPhone ke luar Tiongkok akibat kebijakan COVID-19 terlalu ketat yang masih diterapkan di Tiongkok

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News