Imbauan MUI terkait Rilis 200 Nama Mubalig

Imbauan MUI terkait Rilis 200 Nama Mubalig
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bertemu Ketum MUI KH Maruf Amin. Foto: Istimewa for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin sowan ke Majelis Ulama Indonesia (MUI). Di hadapan Ketua Umum MUI KH Ma'ruf Amin, Menteri Lukman menjelaskan masalah rilis 200 nama mubalig yang direkomendasikan oleh Kemenag.

"Nama-nama tersebut murni usulan dari beberapa pihak seperti ormas, pengurus masjid, perguruan tinggi dan lain-lain," kata Menteri Lukman di Jakarta, Selasa (22/5).

Dia menegaskan, nama-nama tersebut sifatnya masih sementara, jadi belum final. Kemenag akan terus meng-update dan menambah karena tidak mungkin Indonesia yang sangat luas dan besar jumlah penduduknya hanya dilayani 200 mubalig.

"Untuk penambahan nama-nama, Kemenag akan terus berkonsultasi dengan MUI dan ormas-ormas Islam," terangnya.

BACA JUGA: Ingat, Menag Bukan Hanya untuk Umat Islam

Sementara Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Sa'adi mengungkapkan, MUI dan Kemenag sepakat untuk membangun program peningkatan kompetensi dai/mubalig. Baik dari aspek materi maupun metodologi melalui program dai bersertifikat.

Mengingat pentingnya hal ini, MUI dalam waktu dekat akan mengundang ormas-ormas Islam untuk membahas dan mendalami bersama agar bisa menjadi kebijakan bersama.

"MUI mengimbau kepada semua pihak untuk tidak memperpanjang polemik terkait dengan rilis 200 nama mubalig karena dikhawatirkan bisa menimbulkan kesalahpahaman dan fitnah," pungkas Zainut. (esy/jpnn)

Kemenag akan berkonsultasi dengan MUi dan ormas-ormas Islam untuk mengupdate daftar nama mubalig.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News