Imbauan PGI Bagi Umat Kristiani, Penting!

Imbauan PGI Bagi Umat Kristiani, Penting!
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy (tengah) berpose bersama pengurus Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI). (ANTARA/HO-Kemenko PMK).

jpnn.com, JAKARTA - Umat Kristiani diimbau untuk melaksanakan perayaan Natal 2021 secara virtual.

Imbauan tersebut dikemukakan Ketua Umum Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) Pendeta Gomar Gultom, guna mengantisipasi lonjakan COVID-19.

Menurutnya, PGI telah mengirimkan surat imbauan kepada tiap-tiap gereja dan meminta supaya aktivitas gereja dicurahkan secara virtual.

"Natal ini istimewa untuk umat Kristiani, jauh-jauh hari saya ingin meminta masukan agar ibadah Natal yang setahun sekali tetap berjalan khidmat dan berkualitas tanpa mengurangi maknanya," ujar Gomar Gultom melalui keterangan tertulis dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) yang diterima di Jakarta.

Pendeta Gomar memperkirakan 24 Desember 2021 bakal menjadi momentum yang sangat krusial.

"Untuk itu, kalau ada aktivitas ibadah Jumat malam nanti untuk menyambut Hari Natal pun agar dibuat sejak sore, sehingga bisa dibagi beberapa sesi. Kami imbau gereja-gereja untuk bisa mengantisipasi ini,” katanya.

Khusus untuk ibadah yang tetap digelar di gereja, Pendeta Gomar meminta agar dilakukan dengan menyesuaikan ketentuan PPKM Level 3.

Di antaranya, membatasi kuota jemaah antara 25 sampai 30 persen dari total daya tampung tempat ibadah dengan tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan secara ketat.

Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) mengeluarkan imbauan bagi seluruh umat Kristiani di Indonesia, penting.

Sumber ANTARA