IMF: 100 Negara Membutuhkan Utang untuk Melawan Virus Corona

IMF: 100 Negara Membutuhkan Utang untuk Melawan Virus Corona
Logo Dana Moneter Internasional (IMF) tampak di kantor pusatnya di Washington. Foto: Reuters

jpnn.com - Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan 100 dari 189 negara anggota tengah membutuhkan dana darurat untuk menahan penyebaran virus corona.

Ekonom Kepala IMF Gita Gopinath mengatakan dana darurat itu juga dibutuhkan untuk mengurangi dampak pandemi terhadap ekonomi.

Dana Moneter Internasional memandang total kapasitas keuangan USD 1 triliun untuk pinjaman cukup substansial untuk membantu negara anggota dalam menangani pandemi virus corona.

Namun, sumber daya lebih lanjut diperlukan saat beban krisis mencapai puncaknya terhadap negara-negara berkembang.

Dia mengapresiasi langkah kreditor internasional yang menunda penagihan utang terhadap negara-negara termiskin sampai akhir tahun. Menurutnya, langkah-langkah pengurangan utang mungkin harus diperpanjang hingga 2021 karena dampak pandemi terburuk belum dirasakan di banyak negara termiskin.

Sebelumnya, Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva pada Jumat (3/4/2020) memperingatkan resesi yang lebih buruk daripada krisis keuangan global pada 2008.

"Kita sekarang dalam resesi, jauh lebih buruk daripada krisis keuangan global," kata Georgieva pada Jumat dalam konferensi pers bersama dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), mencatat "dua krisis" - krisis kesehatan dan ekonomi - disebabkan oleh wabah COVID-19 yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah IMF.

Georgieva menekankan bahwa menyelamatkan nyawa dan melindungi mata pencaharian harus berjalan seiring ketika Virus Corona menyapu seluruh dunia.

Georgieva mengatakan IMF memobilisasi bantuan pembiayaan darurat ke negara-negara emerging markets dan negara-negara berkembang, yang terpukul keras oleh pandemi.

Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan 100 dari 189 negara anggota tengah membutuhkan dana darurat untuk menahan penyebaran virus corona.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News