Imigrasi Pastikan Video Kedatangan WNA di Bandara Soetta Adalah Hoaks

Imigrasi Pastikan Video Kedatangan WNA di Bandara Soetta Adalah Hoaks
Terminal III Bandara Soekarno Hatta. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Dirjen Imigrasi harus bekerja keras menangkal berbagai hoaks yang muncul di masa awal penerapan PPKM Darurat. Selain isu kedatangan WNA di Makassar, ada juga video yang menyebutkan puluhan WNA baru saja masuk ke Indonesia lewat Bandara Soekarno-Hatta.

Kepala Bidang Tikim Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta Sam Fernando membantah kabar yang beredar tentang kedatangan puluhan WNA melalui bandara internasional tersebut.

Menurut dia, video singkat yang memicu rumor tersebut memperlihatkan peristiwa yang terjadi pada Juni 2020 lalu.

"Setelah dilakukan penyelidikan oleh Bidang Inteldakim Kantor Imigrasi Soekarno-Hatta, didapati fakta bahwa video tersebut terjadi pada Juni 2020," ungkap Sam saat dikonfirmasi, Minggu.

Dia menyatakan, lokasi video itu memang diambil di Bandara Soekarno-Hatta, tepatnya di Terminal 2 area keadatangan domestik.

Sam mengatakan, sejak 1 April 2020, PT Angkasa Pura II telah mengalihkan penerbangan internasional dari Terminal 2 ke Terminal 3 di Bandara Soekarno-Hatta.

Pengalihan penerbangan itu guna menekan penyebaran virus Covid-19 melalui pergerakan penumpang. Sam melanjutkan, berdasar pemeriksaan, rombongan penumpang di video tersebut merupakan WNA asal China yang hendak keluar dari Indonesia pada Juni 2020.

"WNA di dalam konten video merupakan WNA Cina yang hendak keluar dari wilayah Indonesia dengan menggunakan pesawat carter keberangkatan Manado-Jakarta- Nanning (China) pada Juni 2020," urai Sam.

Ditjen Imigrasi memberikan klarifikasi terkait maraknya pemberitaan tentang masuknya TKA ke wilayah Indonesia pada masa PPKM Darurat Jawa-Bali.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News