Imunisasi MR: Ketahuilah, Rubella Itu Sangat Jahat

Imunisasi MR: Ketahuilah, Rubella Itu Sangat Jahat
Imunisasi. Ilustrasi Foto: Jawa Pos Group/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Imuniasi MR (measles dan rubella) mendapat penolakan di sejumlah daerah. Mestinya penolakan segera disudahi. Sebab Indonesia masuk dalam 10 besar negara dengan kasus campak terbanyak.

Sejak 2014 hingga tahun ini, Kemenkes mencatat kasus suspek campak dan rubella mencapai 57.056. Angka yang begitu besar seharusnya menjadi perhatian. Dari jumlah tersebut, 5.737 jiwa positif rubella. Sedangkan mereka yang positif campak mencapai 8.964 orang.

”Rubella ini dampaknya sangat jahat. Lalu yang menghalangi vaksin?” kata spesialis anak dr Soedjatmiko SpA, Sabtu (4/8).

Dia menyatakan dampak rubella jika diderita oleh ibu hamil adalah kecacatan bagi janin. Bisa jadi janin mengalami buta, tuli, atau kelainan jantung. ”Banyak bayi akan meninggal,” imbuhnya.

Rubella memang tidak terlalu berbahaya jika menjangkiti anak. Lain halnya dengan campak. Penyakit ini bisa jauh lebih berbahaya. ”Campak bisa menyebabkan pneumonia, diare, hingga radang otak,” ungkap Soedjatmiko.

Pemberian vaksin adalah cara yang cukup ampuh untuk melindungi agar tidak terkena penyakit itu. Sebab mereka yang sudah divaksin akan memiliki kekebalan. Jika dalam satu wilayah sebagian besar kebal, maka bisa disebut dengan kekebalan komunitas.

Hal ini memungkinkan bibit penyakit punah karena tidak memiliki inang untuk berkembang. ”Cara lainnya cuci tangan dan jaga kebersihan,” ucap Sudjatmiko.

Vaksin menjadi langkah yang harus dilakukan. Pemerintah sudah sejak tahun lalu melakukan pemberian imunisasi MR. Tahun lalu pemerintah melakukan vaksinasi untuk anak-anak di Jawa-Bali. Tahun ini Kemenkes menyelenggarakan di daerah yang belum tervaksin. Namun, masalah kehalalan vaksin masih menjadi penghalang.

Imuniasi MR (measles dan rubella) mendapat penolakan di sejumlah daerah, terkait dengan masalah halal haram.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News