INACA Dukung Pemerintah Tunda Seluruh Penerbangan ke Tiongkok

INACA Dukung Pemerintah Tunda Seluruh Penerbangan ke Tiongkok
Ketua Umum INACA Denon Prawiraatmadja. Foto dok INACA

jpnn.com, JAKARTA - Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional (INACA) mendukung langkah pemerintah untuk menunda penerbangan dari dan ke Tiongkok.

Ketua Umum INACA Denon Prawiraatmadja menilai kebijakan pemerintah terkait dengan penerbangan dari dan ke Tiongkok dan pemberhentian fasilitas visa kunjungan serta visa on arrival bagi warga negara Tiongkok sudah tepat.

“Kita perlu mewaspadai penyebaran virus corona ini agar sebisa mungkin tidak masuk dan membahayakan rakyat Indonesia, sehingga kebijakan pemerintah sudah cukup tepat,” kata Denon.

Menurut Denon, semua negara sedang mewaspadai penyebaran virus ini. Sehingga banyak penerbangan atau maskapai yang menghentikan sementara penerbangan ke Tiongkok secara keseluruhan maupun ke Provinsi Hubei di mana virus tersebut ditemukan dan menjadi wabah.

Virus corona telah ditemukan menyebar hingga 25 negara dengan jumlah meninggal mencapai 425 orang, tertinggi di Tiongkok dengan 19 ribu kasus infeksi.

Terkait dengan industri penerbangan nasional, Denon menyebut secara umum penerbangan dari dan ke Tiongkok selama ini cukup potensial.

“Tetapi dampaknya secara nasional akan lebih besar jika sampai virus corona menyebar di Indonesia, secara ekonomi kita akan jauh lebih dirugikan,” kata Denon lagi.

Karena itu, Denon berharap penerbangan lokal bisa menjadi kekuatan dari industri penerbangan nasional dengan masyarakat memanfaatkan secara maksimal jasa layanan transportasi udara.

Apalagi dengan turunnya harga tiket penerbangan lokal, Denon menilai pasar penerbangan nasional kembali ramai seperti era tiket murah.

Kebijakan pemerintah terkait dengan penerbangan dari dan ke Tiongkok dan pemberhentian fasilitas visa kunjungan serta visa on arrival bagi warga negara Tiongkok dinilai sudah tepat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News