Indeks Alami Teknikal Rebound

Indeks Alami Teknikal Rebound
Indeks Alami Teknikal Rebound
JAKARTA – Lantai bursa kembali ke jalur hijau, setelah pekan lalu memerah hebat. Pada perdagangan Senin (21/7), indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup menguat sebesar 53,9 poin atau 2,5 persen ke level 2.195. Kelompok 45 saham unggulan, indeks LQ45, juga menguat sebesar 12,6 poin atau 2,8 persen, dan ditutup pada posisi 454,22.

Perdagangan Senin mencapai Rp 3,44 triliun, di mana terdapat 139 saham yang naik harganya. Sementara 56 saham turun harga, dan 75 saham lainnya berada dalam posisi tetap alias stagnan. 

      Analis saham PT Bhakti Capital Budi Ruseno menyatakan, naiknya indeks ditopang oleh saham-saham berbasis komoditas yang mengalami rebound. Misalnya, saham PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) yang menguat Rp 800. BUMI sepekan lalu terkoreksi cukup dalam, harganya juga terkerek. Selain itu, sejumlah saham blue chip di luar sektor komoditas seperti PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) juga menguat, sebesar Rp 350. ”Sektor pertambangan kembali menguat. Namun, secara umum pasar saham masih belum stabil,” ujar Budi.

      Budi menyatakan, dalam sepekan ini, perkembangan lantai bursa masih akan bersifat mixed. Itu bukti bahwa pasar masih belum sepenuhnya stabil. ”Investor masih akan melakukan selective buying,” katanya. Budi menyebut, indeks berpeluang mendekati level support di posisi 2.300, sedangkan posisi resisten berada pada level 2.116. ”Indeks berpeluang mendekati level support di angka 2.280,” jelasnya.

      Secara terpisah, analis saham PT Optima Securities Ikhsan Binarto menyatakan, indeks menguat ditopang saham sektor komoditas, seperti BUMI, AALI, dan PT Timah Tbk (TINS). ”Indeks mengalami teknikal rebound setelah tertekan profit taking saham di sektor komoditas,” jelasnya.

      Dalam sepekan ini, dia memprediksi indeks akan bergerak mendatar, dengan kecenderungan naik. ”Indeks akan mendekati level support kuat di 2.220,” ujarnya.  ”Indeks berpeluang menutup gap down sebesar 20 poin menembus level 2.200,” sambungnya. Hari ini, indeks diprediksi akan bergerak di kisaran 2.170-2.220. Saham-saham pilihan yang direkomendasikan Ikhsan adalah BUMI, UNSP, PTBA, SMCB, dan BBCA. (eri)

JAKARTA – Lantai bursa kembali ke jalur hijau, setelah pekan lalu memerah hebat. Pada perdagangan Senin (21/7), indeks harga saham gabungan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News