Independensi Persepi Diragukan

Independensi Persepi Diragukan
Independensi Persepi Diragukan

jpnn.com - JAKARTA - Buntut dari perbedaan hasil hitung cepat (quick count), Perhimpunan Survei Opini Republik Indonesia (Persepi) akan melakukan audit terhadap lembaga-lembaga survei. Hanya saja, indikasi keberpihakan pengurus Persepi terhadap pasangan calon presiden (capres) tertentu membuat independensi audit diragukan.

"Lembaga survei cenderung komersial dan terbelah di pusaran dukungan terhadap salah satu capres, begitu juga para pengurus asosiasi yang mewadahi lembaga survei tersebut. Akibatnya masyarakat pun cenderung meragukan independensi mereka," kata pengamat politik dari Universitas Jayabaya, Igor Dirgantara kepada wartawan di Jakarta, Rabu (16/7).

Lembaga survei, sambung Igor, harus bisa dievaluasi profesionalitasnya. Apabila menyalahi kode etik maka wadah asosiasi yang menaunginya harus memberikan sanksi.

Igor pun menyinggung pernyataan sebuah lembaga survei yang meragukan hasil perhitungan KPU. Lembaga survei yang dimaksud bahkan menuding ada kejanggalan apabila perhitungan KPU tidak sama dengan hasil perhitungannya.

Menurut Igor, pernyataan tersebut tidak etis karena membuat publik bingung dan bernada menggiring opini masyarakat. Ia pun mendesak agar audit lembaga survei segera dilakukan setelah pengumuman hasil perhitungan KPU.

"Audit lembaga survei yang melakukan quick count tersebut sebaiknya dilaksanakan pasca pengumuman real count dari KPU nanti tanggal 22 Juli oleh asosiasi yang bersangkutan. Tentunya dengan mengundang pakar statistik dari kampus atau BPS," tandasnya. (dil/jpnn)

 


JAKARTA - Buntut dari perbedaan hasil hitung cepat (quick count), Perhimpunan Survei Opini Republik Indonesia (Persepi) akan melakukan audit terhadap


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News