India Kirim Bantuan Tabung Oksigen, Menko Airlangga: Teman Sejati Ada Saat Dibutuhkan

India Kirim Bantuan Tabung Oksigen, Menko Airlangga: Teman Sejati Ada Saat Dibutuhkan
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat Pelepasan Bantuan Tabung Berisi Oksigen ke India di Cikande, Serang, Banten, Senin. Foto: ANTARA/ Sella Panduarsa Gareta

jpnn.com, JAKARTA - India yang sebelumnya pernah mendapat bantuan tabung oksigen dari Indonesia, kini membalas bantuan tersebut dengan mengirimkan Oksigen konsentrat dan Oksigen Liquid.

Menko Perekonomian yang juga Ketua KPC PEN, Airlangga Hartarto berterima kasih pada Pemerintah India atas kiriman bantuan tersebut.

"Friend in need is the friend indeed, teman yang ada saat dibutuhkan adalah teman sebenarnya," ujar Airlangga saat dihubungi media lewat layanan pesan, Rabu (21/7).

Ketika India dilanda krisis tabung oksigen untuk menghadapi lonjakan kasus Covid 19 gelombang kedua. Indonesia adalah salah satu negara yang memberikan bantuan medis berupa 3.400 unit tabung oksigen ke India. Bantuan tersebut dilepas oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

“Kita menjadi kawan di kala senang dan susah. Ini juga sebagai pengingat dalam menghadapi pandemi kita harus menguatkan solidaritas dan bergandengan tangan agar pandemi bisa lebih mudah dihadapi dan segera diakhiri,” kata Airlangga saat melepas pengiriman bantuan untuk India bulan Mei lalu.

Airlangga mengatakan selama ini India juga telah banyak membantu Indonesia dalam memenuhi suplai vaksin Astra Zeneca yang diproduksi di negara tersebut melalui fasilitas multilateral COVAX.

Baru-baru ini, India telah mengirimkan kapal Angkatan Laut miliknya (INS) ke Indonesia. Kapal INS tersebut memuat 300 konsentrator oksigen dan 100 metrik ton oksigen liquid untuk Indonesia.

Bantuan tersebut adalah kali pertamanya India mengirimkan bantuan medis ke luar negeri setelah mulai pulih dari gelombang kedua Covid-19 yang terjadi pada April hingga Mei lalu.

India yang sebelumnya pernah mendapat bantuan tabung oksigen dari Indonesia, kini membalas bantuan tersebut dengan mengirimkan Oksigen konsentrat dan Oksigen Liquid.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News