India Luncurkan Pesawat Luar Angkasa ke Mars

India Luncurkan Pesawat Luar Angkasa ke Mars
India Luncurkan Pesawat Luar Angkasa ke Mars

jpnn.com - CHENNAI - India akan meluncurkan pesawat robot ruang angkasa ke Planet Mars. Rencananya, peluncuran akan dilakukan di Satish Dhawan Space Centre, Sriharikota, dekat kota Chennai, India pada Selasa (5/11) sore waktu setempat.

Peluncuran pesawat ruang angkasa ke Planet Merah ini yang pertama kali dilakukan di Asia Selatan. Dan menjadi yang keenam di dunia setelah Amerika Serikat, Rusia, China, Jepang, dan Uni Eropa.

Seperti dilansir dari Times of India, pesawat robot yang diberi nama Mars Orbiter Mission (MOM) ini akan menempuh perjalanan selama 300 hari. Pesawat buatan pusat riset luar angkasa India (ISRO) ini dijadwalkan mencapai orbit Planet Mars pada 24 September 2014.

"Ini misi luar angkasa kami, nanti akan ada misi yang lebih besar," kata Kepala ISRO, K Radhakrishnan seperti dilansir dari Times of India.

Proyek MOM disetujui India pada tahun 2012. Roket pengorbit dikembangkan di India dan akan membawa pesawat ke dalam orbit elips di sekitar Bumi.

Pembakaran yang terakhir akan mengirimkan pesawat ini ke dalam lintasan antarplanet untuk memulai perjalanan 300 hari menuju Mars. Jarak yang akan ditempuh hingga mencapai Planet Mars sekitar 780 juta kilometer.

Dikutip dari BBC New, Profesor Andrew Coates asal Mullard Space Science Laboratory di Inggris, mengatakan bahwa misi India ke Mars bukanlah hal sepele. Menurutnya, misi ini menunjukkan bahwa India telah memperoleh sejumlah penemuan ilmiah yang menarik.

"Saya pikir misi ini benar-benar membawa India ke meja eksplorasi ruang angkasa internasional," ujarnya. (dil/jpnn)


CHENNAI - India akan meluncurkan pesawat robot ruang angkasa ke Planet Mars. Rencananya, peluncuran akan dilakukan di Satish Dhawan Space Centre,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News