India Siapkan Misi Berawak ke Mars

India Siapkan Misi Berawak ke Mars
India Siapkan Misi Berawak ke Mars
BANGALORE - India ingin ikut ambil bagian dalam penjelajahan Mars. Mereka mengumumkan rencana meluncurkan roket untuk mengorbit pada Planet Merah tersebut November 2013 mendatang.

"Kami berencana untuk menempatkan pesawat ruang angkasa di orbit elips untuk mempelajari atmosfer dan mendeteksi keberadaan kehidupan di permukaannya," kata K. Radhakrishnan, ketua Indian Space Research Organisation (ISRO) seperti dilansir redorbit.com.

Disebutkannya, untuk misi berawak ke Mars itu India menyiapkan dana sebesar USD 90 juta. Selama ini, program ruang angkasa ambisius negara tersebut telah meraup kesuksesan di beberapa misi, seperti saat wahana Chandrayaan-1  yang melakukan penyelidikan dan menemukan air di bagian belakang bulan pada September 2009.

Namun, sempat mengalami kemunduran ketika sebuah kendaraan peluncuran satelit meledak dan jatuh ke Teluk Benggala akhir 2010 lalu. Karenanya, Badan Antariksa India menganggap sebuah perjalanan yang sukses ke Mars akan membuat India sebagai negara keempat untuk mengirim misi ke planet tetangga.

BANGALORE - India ingin ikut ambil bagian dalam penjelajahan Mars. Mereka mengumumkan rencana meluncurkan roket untuk mengorbit pada Planet Merah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News