India Tawarkan Kursus hingga Beasiswa Pascasarjana kepada Warga Indonesia

India Tawarkan Kursus hingga Beasiswa Pascasarjana kepada Warga Indonesia
Duta Besar India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti dalam wawancara khusus dengan Antara di Jakarta, Selasa. (19/04/2022) (Antara / Azis Kurmala)

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah India menawarkan berbagai beasiswa, kursus serta program pelatihan kepada pelajar Indonesia, ujar Duta Besar India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti.

"Kerja sama pendidikan memiliki potensi yang sangat besar. Pemerintah India menawarkan berbagai beasiswa kepada siswa internasional- Skema Beasiswa Umum di bawah Indian Council for Cultural Relations (ICCR)," ujar Manoj Kumar Bharti dalam wawancara khusus program International Corner ANTARA di Jakarta, Selasa.

Pemerintah India juga menawarkan program studi dan kursus pelatihan teknis di bawah program Kerjasama Teknis dan Ekonomi India (Indian Technical and Economic Cooperation/ITEC).

Sekitar 20 siswa India datang ke Indonesia setiap tahun untuk belajar Bahasa Indonesia, Seni dan Budaya, dan Sains dan Teknologi dengan beasiswa, kata Bharti.

Ada banyak universitas di kedua negara yang telah menandatangani MoU tentang berbagai program pertukaran mahasiswa dan fakultas.

"Jika semakin banyak siswa yang mendapatkan manfaat oleh adanya kerja sama di sektor pendidikan dengan lingkungan masyarakat yang beragam dan multikultural dari kedua negara, itu akan berkontribusi dalam pembangunan kedua negara," kata dia.

Pemerintah India menawarkan 20 beasiswa kepada siswa dari Indonesia untuk melanjutkan studi yang lebih tinggi di universitas dan perguruan tinggi India di tingkat sarjana & pascasarjana.

Beasiswa dikelola oleh Indian Council of Cultural Relations (ICCR) di bawah General Scholarships Scheme (GSS).

Pemerintah India menawarkan berbagai beasiswa, kursus serta program pelatihan kepada pelajar Indonesia,

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News