Indonesia Amankan Pasokan Beras Nasional

Indonesia Amankan Pasokan Beras Nasional
Indonesia Amankan Pasokan Beras Nasional
JAKARTA- Menko bidang Perekonomian, Hatta Rajasa mengatakan bahwa ancaman climate change terhadap ketahanan pangan saat ini dirasakan secara nyata oleh masyarakat dunia. Karena itulah pemerintah menyusun alokasi anggaran dengan memasukkan berbagai prediksi. Salah satunya dengan cara mengamankan ketahanan pangan, termasuk tidak akan melakukan ekspor dan kesiapan untuk melakukan impor bahan pangan untuk memberikan jaminan ketersediaan bahan pokok bagi warga Indonesia.

 

"Kita lihat saja, Pakistan mengalami bencana banjir besar. Filiphina langsung amankan pasokan berasnya. Thailand yang tak pernah impor gula, langsung impor. Semua tutup kran ekspor. Artinya dampak climate change ini nyata ada dan kita tidak ingin pasokan beras nasional kita terancam," tegas Hatta.

Sehingga, apapun opsi yang bisa mengamankan pasokan beras nasional akan dilakukan pemerintah. Karena pasokan beras secara internasional pun saat ini terbatas diakibatkan beberapa negara menutup kran ekspor mereka bahkan melakukan impor dalam jumlah besar.

"Apapun akan kita lakukan termasuk impor. Ini bukan berarti kita tidak punya stok beras, jangan sampai salah kaprah. Kita ingin mengamankan pasokan kalau musim tidak memihak. Apalagi harga beras dunia juga meningkat cepat sekali. Harga gandum juga meningkat," jelasnya.

JAKARTA- Menko bidang Perekonomian, Hatta Rajasa mengatakan bahwa ancaman climate change terhadap ketahanan pangan saat ini dirasakan secara nyata

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News