Indonesia, Australia, dan Portugis Bantu Pengelolaan Domain Timor Leste

Indonesia, Australia, dan Portugis Bantu Pengelolaan Domain Timor Leste
Ilustrasi domain internet. Foto: PANDI

jpnn.com - PANDI (Pengelola Nama Domain Indonesia), auDA (Pengelola Nama Domain Australia), dan DNS .PT (Pengelola Nama Domain Portugis), sepakat membicarakan pembentukan tim gabungan dalam proyek pengembangan pengelolaan Nama Domain .TL (Nama Domain Timor Leste).

Proyek tersebut dimotori dan difasilitasi oleh APTLD (Asosiasi Pengelola Nama Domain Tingkat Tinggi Asia.

"Kami menyambut baik tim gabungan yang terdiri dari ccTLD registri, yang sarat pengalaman dalam mengatur ruang lingkup domain, dan mereka (PANDI, auDA, DNS.PT) yakin dapat mengembangkan (.TL) ini secara profesional," sambut General Manager APTLD, Leonid Todorov, di sela pertemuan ICANN66 yang berlangsung di Montreal, Kanada.

Sementara itu, Ketua PANDI, Yudho Giri Sucahyo, mengaku antusias dalam membantu pengembangan domain .TL.

"PANDI sangat senang bisa bergabung dengan tim ini. Kami melihat hal ini sebagai kesempatan yang baru untuk menawarkan apa yang sudah kami pelajari dan terapkan dari rekan-rekan di kesempatan yang sama," ungkapnya.

Di sisi lain, Marta Dias, Dewan Pengurus dari .PT mendukung penuh langkah bantuan tersebut.

“Tim dari .PT sudah sejak lama berinteraksi dengan .TL dan kami senang bisa membawanya ke tingkat yang lebih tinggi. Di kesempatan ini pun kami akan membantu berkembangnya kehadiran bahasa Portugis dalam internet,” ujar Marta yang juga merupakan Dewan Pengurus LusNIC (Asosiasi ccTLD berbahasa Portugis)."

Senada itu, Bruce Tonkin selaku COO auDA, mengaku kemitraan ini sejalan dengan objek konstitusional kami, untuk berhubungan dengan badan-badan nasional yang berkaitan dengan pengembangan dan administrasi sistem domain, juga mendukung perjanjian strategi kejahatan siber internasional pemerintah Australia.

Indonesia, Australia, dan Portugis sepakat membicarakan pembentukan tim gabungan, dalam proyek pengembangan pengelolaan Nama Domain .TL (Nama Domain Timor Leste).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News