Indonesia-Brunei Darussalam Menjajaki Kerja Sama Kepemudaan

Indonesia-Brunei Darussalam Menjajaki Kerja Sama Kepemudaan
Para peserta pertemuan dengan Kementerian Kebudayaan, Pemuda dan Olah Raga Brunei Darussalam berfoto usai acara kepemudaan, Sabtu (15/12). Foto: kemenpora

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia dan Brunei menjajaki kerja sama kepemudaan karena dua negara ini memiliki kedekatan yang istimewa. Seperti adat istiadat, bahasa serumpun serta interaksi kepemudaan.

Hal itu diungkapkan Deputi Bidang Pengembangan Pemuda, Kementerian Pemuda Asrorun Ni`am Sholeh saat melakukan pertemuan dengan Kementerian Kebudayaan, Pemuda dan Olah Raga di Brunei Darussalam, Sabtu (15/12).

"Bukan hal yang baru bagi negara kita dan kita sudah saling berkunjung, bekerjasama. Oleh sebab itu penting adanya kesepahaman yang tertuang dalam memorandum of understanding (MoU) bidang kepemudaan," kata Asrorun.

Asrorun mengatakan, interaksi di kawasan ASEAN harus terus didorong kearah yang lebih subtantif dan produktif.

"Ini penting untuk menjawab tantangan revolusi generasi 4.0. Brunei dan Indonesia seharusnya mewujudkan tantangan ini dalam bentuk kerja sama yang terarah dan terkoordinasi dengan baik secara bilateral," ujarnya.

Perwakilan Kementerian Kebudayaan, Pemuda dan Olah Raga Brunei Darussalam Puan Hjh Noormaslina berharap hasil pertemuan itu segera berwujud penandatanganan kerja sama kepemudaan.

"Ini perlu agar kegiatan kepemudaan semakin terarah dan terkordinasi dengan baik antara Indonesia dan Brunei” kata Noormaslina.

Beberapa poin kerja sama yang dibuat yaitu program pertukaran pemuda, penyelenggaraan konferensi dan seminar kepemudaan, pertukaran informasi kepemudaan, mendorong kerja sama antarorganisasi kepemudaan, program pelatihan pemuda serta kerja sama bidang pengembangan kepemimpinan pemuda dan kewirausahaan pemuda.(dkk/jpnn)


Indonesia dan Brunei menjajaki kerja sama kepemudaan karena dua negara ini memiliki kedekatan yang istimewa.


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News