Indonesia dan Argentina Rayakan 65 Tahun Hubungan Diplomatik

Indonesia dan Argentina Rayakan 65 Tahun Hubungan Diplomatik
Perayaan 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Argentina di KBRI Buenos Aires. Foto: ANTARA/HO-KBRI Buenos Aires

jpnn.com, BUENOS AIRES - Indonesia dan Argentina merayakan 65 tahun hubungan diplomatik dengan slogan “Maju Bersama Tumbuh Bersama” guna mempererat kerja sama kedua negara di berbagai bidang.

Duta Besar RI untuk Argentina Niniek Kun Naryatie membuka secara resmi rangkaian kegiatan perayaan 65 hubungan diplomatik kedua negara dalam resepsi di Wisma Duta, Buenos Aires, Jumat (30/7).

Dalam sambutan pembukaan yang disampaikan melalui keterangan KBRI Buenos Aires, Sabtu, Dubes Niniek mengatakan bahwa selama 65 tahun, hubungan antara Indonesia dan Argentina terus berkembang dengan pesat dan terpelihara dengan baik.

Dikatakannya, Indonesia sangat menghargai dukungan berharga Argentina terhadap keutuhan wilayah NKRI, posisi politik luar negeri Indonesia, dan pencalonan Indonesia di berbagai forum internasional, demikian pula sebaliknya.

Sementara itu melalui rekaman pidato, Wakil Menteri Luar Negeri RI Mahendra Siregar dan Wamenlu Argentina Pablo A. Tettamanti menyampaikan bahwa pemulihan pascapandemi dan kerja sama perdagangan dan investasi adalah dua bidang kerja sama yang harus ditingkatkan kedua negara.

Indonesia dan Argentina akan mendorong kemitraan dan solidaritas global untuk membuat vaksin yang aman dan dapat diakses oleh semua. Di sisi ekonomi, kerja sama perdagangan dan investasi akan terus digenjot, mengingat masih ada potensi besar yang belum tergarap.

Total perdagangan kedua negara yang mencapai 1,9 miliar dolar AS (sekitar Rp27,4 triliun) mencatat kenaikan volume sebesar 7,3 persen dari tahun ke tahun, dan hanya menurun tahun ini akibat pandemi COVID-19.

Bergabungnya Indonesia dan Argentina dalam Kelompok 20 (G20) juga memberi keduanya kesempatan untuk ikut merumuskan arsitektur ekonomi global, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dan melakukan upaya mengatasi krisis global akibat pandemi. Apalagi, kedua negara sama-sama mewakili negara berpenghasilan menengah.

Duta Besar RI untuk Argentina Niniek Kun Naryatie membuka secara resmi rangkaian kegiatan perayaan 65 hubungan diplomatik kedua negara dalam resepsi di Wisma Duta, Buenos Aires, Jumat (30/7)

Sumber Antara