Indonesia Dorong Negara Nonblok Percepat Pemulihan Ketenagakerjaan Global Pascapandemi

Indonesia Dorong Negara Nonblok Percepat Pemulihan Ketenagakerjaan Global Pascapandemi
Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor dalam Rapat Menteri Gerakan Non Blok di sela-sela Sesi ke-111 Konferensi Perburuhan Internasional di Jenewa, Swiss, Rabu (7/6) waktu setempat. Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, JENEWA - Pemerintah Indonesia mendorong negara-negara yang tergabung dalam Gerakan Nonblok (GNB) agar mempercepat pemulihan ketenagakerjaan global.

Pasalnya, meski pandemi Covid-19 teratasi, namun dampaknya masih begitu terasa khususnya di sektor ketenagakerjaan.

"Oleh karenanya, Indonesia mengusulkan dan mendorong tiga langkah penting untuk mempercepat pemulihan kondisi ketenagakerjaan global," kata Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor dalam Rapat Menteri Gerakan Non Blok di sela-sela Sesi ke-111 Konferensi Perburuhan Internasional di Jenewa, Swiss, Rabu (7/6) waktu setempat.

Adapun usulan-usulan tersebut, yaitu pertama, memulihkan dan memperkuat kerja sama multilateral yang menjunjung tinggi prinsip persatuan, dialog, dan penghormatan terhadap hukum internasional.

“Hanya melalui prinsip-prinsip itulah kita dapat mempersatukan masyarakat internasional,” kata Afriansyah.

Kedua, meningkatkan kerja sama tripartit dalam upaya pemulihan kondisi ketenagakerjaan dan membangun ekonomi yang lebih berkelanjutan.

“Hal ini dilakukan antara lain dengan mempercepat reskilling dan upskilling, serta menciptakan ruang untuk pembelajaran seumur hidup dan mendorong pemagangan yang berkualitas,” katanya.

Ketiga, memastikan perlindungan sosial yang komprehensif dan lebih melindungi bagi pekerja rentan seperti pekerja perempuan, pekerja muda, pekerja migran, dan pekerja penyandang disabilitas.

Wamenaker Afriansyah Noor menyampaikan Indonesia mendorong negara nonblok mempercepat pemulihan ketenagakerjaan setelah pandemi Covid-19 berlalu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News