Indonesia Dukung Kebijakan ILO Wujudkan Program SDGs

Indonesia Dukung Kebijakan ILO Wujudkan Program SDGs
Sidang Governing Body ILO ke 234 di Jenewa Swiss.Foto: Humas Kemenaker

jpnn.com, JENEWA - Pemerintah Indonesia mendukung upaya yang dilakukan anggota-anggota Organisasi Buruh Internasional (ILO) dalam mewujudkan program-program Sustainable Development Goals/Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Kerja sama para anggota ILO dibutuhkan dalam upaya-upaya mempromosikan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, lapangan kerja yang penuh dan produktif, serta kerja layak bagi semua.

"Dukungan dan keterlibatan ILO sangat diperlukan dalam memastikan pencapaian SDGs, khususnya untuk pencapaian program nasional kerja layak (Decent Work Country Programmes)," kata Plt. Sekretaris Jenderal Kemnaker Haiyani Rumondang dalam Sidang Governing Body ILO ke 234 di Jenewa Swiss pada Senin (5/11) waktu setempat.

Menurut Haiyani selama ini pemerintah Indonesia terlibat cukup aktif dalam pembahasan tentang SDGs baik pada forum internasional, regional, maupun nasional.

Selain itu, program SDGs sangat relevan dan sejalan dengan visi pembangunan nasional Indonesia.

"Ini menjadi prioritas program pembangunan nasional sehingga dinamika ketenagkerjaan tersebut bisa tetap menciptakan pertumbuhan inklusif dan pencapaian kerja layak," tutur Haiyani.

"Tujuan SDGs juga menjadi acuan menyikapi dampak dari perkembangan teknologi dan digitalisasi terhadap dunia kerja, antara lain job shifting, keterampilan baru khususnya soft skills, transformasi hubungan industrial," ujar Haiyani.

Haiyani menambahkan dalam sidang Governing Body ILO, Indonesia menyambut baik rencana aksi mengenai rencana pembangunan oleh ILO yaitu penyediaan dalam mendukung pencapaian hasil kerja layak secara nasional.

selama ini pemerintah Indonesia terlibat cukup aktif dalam pembahasan tentang SDGs baik pada forum internasional dan regional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News