Indonesia Gagal Raih Target di SEA Games, KNPI: Jangan Menyalahkan Menpora

Indonesia Gagal Raih Target di SEA Games, KNPI: Jangan Menyalahkan Menpora
Para pengurus KNPI foto bersama Menkopolhukam Wiranto. Foto: Istimewa for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kontingen Indonesia gagal memenuhi target di ajang SEA Games Kuala Lumpur 2017.

Indonesia hanya berada di peringkat ke-5 dengan raihan 38 emas, 63 perak dan 90 perunggu, total 191 medali.

Banyak pihak langsung menyorot Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi sebagai pihak yang dianggap harus bertanggung jawab.

Sikap berbeda ditunjukkan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI). Tidak menyalahkan siapa pun, mereka bertekad membantu Menpora memperbaiki prestasi olah raga Indonesia di kancah internasional.

Melalui symposium nasional pemuda Indonesia yang digelar di Jakarta, Rabu (30/08), sebanyak 27 Dewan Perwakilan Daerah (DPD) KNPI se-Indonesia menyampaikan sikap siap membantu Kementerian Pemuda dan Olahraga dalam melakukan pengawasan pembinaan atlet di daerah.

Ketua DPD KNPI Sulawesi Utara, Jackson Kumaat mengatakan, permasalahan kegagalan kontigen Indonesia di Sea Games Kuala Lumpur 2017, bukan disebabkan oleh figur Menpora, tetapi akibat kesalahan pembinaan atlet di daerah.

Jackson menilai, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) mulai dari propinsi, kabupaten/kota, telah gagal melakukan pembinaan cabang olahraga.

“Ini bukan masalah satu dua hari yang bisa diselesaikan cepat, seperti membalikkan tangan. Jangan menyalahkan Menpora. Karena ini ada kesalahan KONI di daerah, baik propinsi, kabupaten/kota, pembinaan cabang olahraga serta banyaknya dana yang tidak sampai ke atlet,” tegas Jackson.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News